Mahasiswa UMY Kenalkan Pasar Digital ke Pembatik di Lasem

Saturday, 29 August 2020 | 15:35 WIB

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat mengenalkan pasar digital atau market place kepada pembatik di Kecamatan Lasem, Ahad (23/8/2020). (Foto: mataairradio.com)

LASEM, mataairradio.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengenalkan pasar digital atau market place kepada pembatik di Kecamatan Lasem.

Kegitana itu dalam rangka kuliah kerja nyata (KKN) yang bermitra dengan “Butik Najma”, yang merupakan salah satu prosuden batik di Lasem.

Felansonia, Humas Tim KKN 047 UMY menjelaskan, selama masa pandemi covid-19 tingkat permintaan dari konsumen mengalami penurunan signifikan, sehingga pengenalan pasar digital kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) penting dilakukan, agar pelaku UMKM dapat bertahan.

Hal tersebut disebabkan oleh tidak diadakannya pameran-pameran batik yang sebelum pandemi Covid-19 rutin diadakan hampir satu bulan sekali.

Menurutnya, pengunaan digital marketing menjadi salah satu alternatif dan efisien di masa pandemi Covid-19 untuk UMKM terus bergeliat.

“Proses pendampingan untuk ‘Butik Najma’ dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan pemberdayaan penggunaan sosial media dan market place seperti Instagram, Facebook, Shopee, dan Tokopedia,” terangnya.

Felansonia melanjutkan, selain melakukan pelatihan penggunaan sosial media dan market place, tim KKN 047 juga memberikan pelatihan terkait tata cara pengambilan foto produk agar terlihat menarik di mata konsumen.

Dari hasil pemotretan itu nantinya digunakan sebagai bahan untuk memasarkan produk melalui postingan foto produk yang diunggah di media sosial dan market place, dengan harapan permintaan konsumen akan kembali meningkat.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk membantu Butik Najma agar menjadi UMKM yang go digital sekaligus mampu memanfaatkan perkembangan digital marketing sebagai sarana pemasaran batik Lasem,” jelasnya.

Kegiatan yang melibatkan tujuh orang mahasiswa UMY itu sudah berlangsung sejak Juli 2020 lalu, dan berakhir pada Agustus 2020.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN tersebut berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. KKN ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan