Mahasiswa di Rembang Semai Ribuan Mangrove Jenis Avicennia dan Rhizophora

Selasa, 15 Desember 2020 | 17:20 WIB

Lokasi penyemaian tumbuhan mangrove jenis Avicennia dan Rhizophora yang dilakukan oleh mahasiswa STIE YPPI Rembang di belakang kampus. (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Mahasiswa di Kabupaten Rembang yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Pencinta Alam STIE YPPI Rembang (KOMPAS) menyemai sebanyak 5.000 mangrove jenis Avicennia dan Rhizophora.

Hasil dari pada penyemaian tersebut nantinya akan ditanam di sekitar kawasan pantai di Kota Garam. Hal itu bermaksud untuk membangun kesadaran masyarakat khususnya kawula muda terhadap kelestarian hutan mangrove.

“Melihat Kabupaten Rembang memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Tengah yang banyak ditanami pohon mangrove yang berfungsi sebagai penahan gelombang air laut dan angin yang dapat menimbulkan abrasi.

Kegiatan pembibitan dan penyuluhan ini menjadi langkah untuk mencegah terjadinya abrasi dan rusaknya ekosistem laut dengan cara melestarikannya,” jelas Dini Octaviani selaku ketua panitia.

Selain melakukan pembuatan bibit mangrove, mereka juga melakukan kegiatan penyuluhan yang bertema, “Edukasi Tentang Pentingnya Hutan Bakau untuk Keseimbangan Ekosistem Laut”, yang sudah digelar pada Sabtu (5/12/2020) lalu.

Sementara itu, pembibitan dua jenis tumbuhan mangrove tersebut sudah berlangsung sejak awal Desember lalu, dengan melibatkan puluhan mahasiswa anggota KOMPAS.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan