Mahasiswa di Rembang Ditantang Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rabu, 7 November 2018 | 14:09 WIB

Tantangan itu muncul pada sebuah forum kuliah umum yang digelar oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPPI Rembang, pada Selasa (6/11/2018) siang, di aula kampus setempat. Forum itu diikuti 150 orang mahasiswa. (Foto: Mohamad Siroju Munir)

 

REMBANG, mtaairradio.com – Mahasiswa di Kabupaten Rembang ditantang siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yakni tren automasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik.

Tantangan itu muncul pada sebuah forum kuliah umum yang digelar oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) YPPI Rembang, pada Selasa (6/11/2018) siang, di aula kampus setempat.

Tema yang diambil adalah “Keterbaruan Manajemen SDM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” dengan seorang narasumber Budhi Rahyono, Kepala Divisi SDM pada PT Japfa Comfeed.

Ketua STIE YPPI Rembang Muhammad Asrori, dalam sambutannya menyatakan, bahwa diadakannya kuliah umum untuk memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswanya.

“Selain itu juga untuk memupuk generasi milenial supaya paham apa yang menjadi tantangan kedepan,” terangnya.

Sementara itu, Budhi Rahyono selaku narasumber membuat simulasi kecil apa yang menjadi cita-cita mahasiswa STIE ke depan dan juga media sosial, kemudian juga apa yang paling banyak dipakai oleh mahasiswa.

Hal tersebut bisa digunakan sebagai indikator bahwa di Rembang juga sudah memasuki era revolusi industri 4.0.

“Ciri yang lain adalah semua pekerjaan yang ada sekarang ini bisa dikontrol dari jarak jauh melalui jaringan internet,” ujarnya saat memberikan materi kuliah umum.

Budhi menambahkan kemajuan teknologi bisa berdampak pada beberapa hal diantaranya globalisasi, krisis lingkungan, dan individualisme.

Sehingga dirinya memperingatkan agar semua mahasiswa bersikap arif terhadap kemajuan teknologi.

“Karena kedepan kemajuan ekonomi suatu negara bisa diukur dari tingkat SDM dan teknologinya,” imbuhnya.

Harapannya, mahasiswa STIE bisa berubah pola pikirnya ke depan agar mampu menghadapi tantangan kemajuan dan revolusi industri.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 150 mahasiswa ini berlangsung interaktif karena banyak pertanyaan dari peserta.

Salah satu mahasiswa STIE YPPI Rembang Lina Nur’aini mangaku senang dengan adanya kuliah umum tersebut, karena banyak pengetahuan baru yang didapatkan.

“Senang, karena dengan mengikuti kuliah umum ini kita mendapatkan pengetahuan baru,” tandasnya.

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan