200 Anggota Linmas Dilatih Tangani Huru-hara Pilpres

Selasa, 15 April 2014 | 17:15 WIB
Apel sebelum pelatihan keterampilan Satlinmas Kabupaten Rembang, Selasa (15/4) pagi. (Foto:Pujianto)

Apel sebelum pelatihan keterampilan Satlinmas Kabupaten Rembang, Selasa (15/4) pagi. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Sekitar 200 orang anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Rembang, Selasa (15/4) pagi, menjalani pelatihan keterampilan untuk menangani huru hara massa menjelang Pemilu Presiden (Pilres) Juli mendatang.

Pelatihan digelar hanya sehari dan berlangsung di halaman Kantor Sekda Rembang. Tampak melatih para anggota linmas ini adalah tentara dan polisi dari satuan di Kabupaten Rembang.

Karnadi (54), salah satu anggota linmas dari Dusun Kalianyar Desa Purworejo Kecamatan Kaliori mengatakan, linmas erap dilibatkan dalam pengamanan di setiap pemilu. Namun soal seragam, dia menyebut Pemkab, kurang perhatian. Sudah lama linmas tak dijatah seragam baru.

Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz mengaku terbantu oleh peran linmas. Sebut saja ketika turut mengamankan pemilu legislatif, 9 April 2014. Dia menyebutkan, ada dua personel linmas untuk pengamanan di setiap tempat pemungutan suara.

Dalam kesempatan itu, Hafidz memberikan ucapan selamat kepada Satlinmas Kabupaten Rembang atas prestasinya sebagai juara pertama dalam defile atau parade barisan pada Apel Akbar Linmas di Brebes, baru-baru ini.

Menurutnya, anggota linmas banyak membantu Pemerintah dalam hal menjaga keamanan lingkungan dan penanganan bencana. Pelatihan ini pun diharapkan bisa mendorong peningkatan keterampilan mereka dalam mengamankan Pilpres dan Pilkada 2015.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Rembang Kartono mengaku berupaya terus meningkatkan kemampuan anggota linmas. Baik terkait pengamanan lingkungan maupun pengamanan menjelang Pemilu Presiden.

Namun mengenai bantuan seragam baru bagi anggota linmas, Kartono mengaku belum mengalokasi anggaran pada tahun ini. Di berjanji akan memberi bantuan seragam baru pada tahun depan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan