Lima Partai Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Rembang

Saturday, 13 June 2015 | 17:18 WIB
Ilustrasi (Foto: mataairradio.com)

Ilustrasi (Foto: mataairradio.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Lima partai politik, Jumat (12/6/2015) malam bersepakat membentuk koalisi besar di Pilkada Rembang tahun ini.

Kelima partai itu adalah Partai Demokrat, PKB, PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Hanura.

Kesepakatan ini dibuat lewat pertemuan yang berlangsung di kediaman bakal calon bupati dari Partai Demokrat Harno di bilangan Jalan Pemuda Rembang.

Juru bicara koalisi besar Tri Cahyo Rismawanto membenarkan adanya koalisi besar lima partai tersebut.

“Kesepakatan tersebut dilatarbelakangi oleh kesamaan visi dan emosional, sekaligus merupakan step atau tahapan pertama,” katanya kepada mataairradio.

Step kedua akan fokus membicarakan posisi Harno sebagai bakal calon Bupati.

Dengan bersatunya lima partai tersebut, maka koalisi itu memiliki kekuatan 26 kursi parlemen. Komposisinya, Demokrat 8 kursi, PKB 6 kursi, PDIP dan Partai Gerindra masing-masing 5 kursi, serta Partai Hanura 2 kursi.

Sementara syarat minimal mengusung calon bupati dari gabungan parpol hanya 9 kursi.

Menurut Cahyo, koalisi itu tidak hanya berlaku terkait Pilkada, tetapi juga akan diterapkan di parlemen Pemerintahan lima tahun mendatang. Tujuan salah satunya adalah agar Pemerintahan nanti kokoh.

“Soal pertemuan kedua, akan digelar secepatnya,” katanya.

Pihaknya memperkirakan butuh hingga tiga kali pertemuan, sebelum menentukan pasangan calon kepala daerah yang akan diusung koalisi besar.

“Perlu tiga minggu lagi untuk membuat keputusan tersebut, sehingga bertepatan dengan bulan Ramadhan,” imbuhnya.

Wacana koalisi besar sebelumnya pernah disampaikan oleh PKB.

Ketua Desk Pilkada dari PKB Arif Agung Cholili dalam sebuah kesempatan wawancara menjelaskan, koalisi besar perlu dibentuk untuk menyediakan arena pertarungan yang bersih, serta calon kepala daerah yang layak dan mampu membangun daerah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan