Lasem Festival, Event Lokal Diminati Internasional

Kamis, 16 November 2017 | 18:25 WIB

Event lokal “Lasem Festival” kembali digelar setelah sempat vakum pada 2015 dan 2016. Pembukaan acara ini dilaksanakan pada Rabu (15/11/2017) malam dan dibuka oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz. (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

LASEM, mataairradio.com – Event lokal “Lasem Festival” kembali digelar setelah sempat vakum pada 2015 dan 2016. Pembukaan acara ini dilaksanakan pada Rabu (15/11/2017) malam dan dibuka oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Festival ini akan diadakan secara maraton serta bakal menyajikan sejumlah agenda seni dan budaya Lasem. Acara ini sebagai upaya dari anak-anak muda yang menginginkan Lasem agar kembali berjaya, sebagaimana tema festival ini.

Camat Lasem Harjono mengatakan, festival tersebut didukung oleh Pemerintah Kabupaten Rembang. Pasalnya, Pemkab juga berkeinginan mengemas Lasem sebagai kota tujuan pariwisata di kabupaten ini.

“Acara ini juga mendapatkan support dari pemerintah daerah. karena kita sama-sama ingin mem-‘branding’ Lasem lewat acara ini. Harapannya, menciptakan lapangan kerja. Selain itu juga untuk mengangkat Rembang dalam sektor pariwisata budaya,” katanya.

Harjono menyebutkan, Lasem memiliki destinasi wisata yang layak ditawarkan seperti wisata bahari Caruban, Dasun, dan Binangun. Selain itu juga pariwisata alam seperti Gowak, Kajar, Watucongol, dan Sendangcoyo.

“Kalau wisata religi ada Makam Mbah Sambu dan Sunan Bonang,” tambahnya.

Suguhan acara di Festival Lasem ini mencakup Pasar Rakyat, Pameran Foto Arkeologi dan lukisan, Napak Tilas Sejarah, Pagelaran Seni Kontemporer, Susur Sungai, Lasem Batik Carnival, dan Grebeg Dumbeg.

Menurut Akrom, Ketua Panitia Lasem Festival, rangkaian acara dimulai dari Rabu (15/11/2017) malam dan akan berakhir pada Sabtu (18/11/2017) mendatang.

“Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan. Harapannya kegiatan ini berjalan dengan lancar dan Lasem menjadi salah satu destinasi wisata di Pantura,” paparnya

Akrom mengungkapkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir dalam acara Lasem Festival guna menghadiri sesi “Ngopi Lelet” dan “Grebek Dumbeg”.

“InsyaAllah Pak Gubernur berkenan hadir pada Sabtu (18/11/2017) siang. Sesuai jadwal, Gubernur akan menghadiri ‘Grebeg Dumbeg’ dan ‘Ngopi Lelet’,” Pungkasnya.

Ia menambahkan, Festival Lasem diminati tidak hanya oleh wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara seperti Singapura.

penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan