KPU Minta Laporan Dana Kampanye Parpol Tanpa Revisi

Selasa, 22 April 2014 | 15:29 WIB
Komisioner Divisi Kampanye KPU Kabupaten Rembang M Salam. (Foto:Rif)

Komisioner Divisi Kampanye KPU Kabupaten Rembang M Salam. (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang meminta kepada partai politik agar melaporkan dana kampanye secara tanpa revisi. Sebab, KPU dibatasi waktu untuk meneruskan laporan akhir dana kampanye parpol kepada KPU Provinsi Jawa Tengah.

Komisioner Divisi Kampanye KPU Kabupaten Rembang M Salam mengatakan, batas akhir penyampaian laporan dana kampanye adalah 24 April 2014 jam enam petang. Selanjutnya, di hari yang sama, KPU kabupaten harus meneruskan laporan sebagaimana ketentuan di formulir model DK-10 kepada KPU provinsi.

Selebihnya pada pagi hari atau tanggal 25 April nanti, berkas dokumen laporan akhir dana kampanye parpol, harus sudah diterima oleh KPU Jawa Tengah. Menurutnya, dengan melaporkan dana kampanye secara lengkap dan tanpa revisi, akan mempermudah parpol dan pihaknya.

Hingga Selasa (22/4) ini, belum ada satu pun partai politik yang melaporkan dana kampanye mereka. Hanya saja, menurut Salam, sudah ada parpol yang melakukan konsultasi dengan pihaknya terkait pelaporan akhir dana kampanye.

Rapat koordinasi akhir antara KPU dengan parpol peserta pemilu terkait pelaporan akhir dana kampanye telah dilakukan. Sebenarnya nyaris tidak ada beda antara penyusunan laporan awal dengan laporan akhir dana kampanye.

Menurut Salam, di laporan terakhir, partai politik tinggal melaporkan utuh rekening khusus dana kampanye, laporan awal dana kampanye, dan laporan akhir penerimaan dan pengeluaran dana kampanye. Laporan ini dituangkan dalam formulir model DK-10.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Rembang menyatakan akan menganulir kemenangan caleg dan partai politik peserta Pemilu, apabila hingga 24 April 2014 jam enam petang, tidak menyampaikan laporan dana kampanye.

KPU menegaskan, jika parpol tidak melaporkan akhir dana kampanye, maka penyelengara pemilu akan membatalkan partai politik sebagai peserta pemilihan umum. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan