KPU Umumkan PPS Terpilih, Tasiksono Belum Komplet

Sabtu, 16 Mei 2015 | 17:18 WIB
Komisioner KPU Rembang beserta Panwas Pilkada Rembang 2015 dalam sebuah pertemuan di kantor KPU Rembang. (Foto: Pujianto)

Komisioner KPU Rembang beserta Panwas Pilkada Rembang 2015 dalam sebuah pertemuan di kantor KPU Rembang. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang, Sabtu (16/5/2015) pagi mengumumkan anggota panitia pemungutan suara (PPS) terpilih untuk Pilkada 9 Desember mendatang. Namun ada satu desa yang anggota PPS-nya belum komplet, karena baru diisi satu orang.

Desa itu adalah Tasiksono Kecamatan Lasem. Menurut Komisioner KPU Rembang Adib Ulinnuha ketika dikonfirmasi, sebenarnya ada tiga calon anggota PPS yang diusulkan oleh pemerintah desa setempat. Namun dari ketiga calon itu, hanya satu yang akhirnya memenuhi syarat.

Dua orang itu, salah satunya berusia kurang dari 25 tahun dan satunya lagi karena lulusan SMP. KPU sudah mengontak Kades Tasiksono, tetapi belum juga ada penggantian. Adib mengaku masih akan menunggunya, hingga sebelum pelantikan PPS 18 Mei nanti.

“(Soal apakah tidak repot jika nantinya tinggal melantik hanya dua orang PPS apabila ternyata penggantinya ada setelah 18 Mei) Nanti kami akan konsultasi dulu ke KPU Provinsi,” ujarnya kepada mataairradio.

Sementara itu, sehari sebelum pengumuman PPS terpilih, KPU merilis penggantian seorang anggota panitia pemilihan kecamatan atau PPK terpilih dari Kecamatan Rembang. PPK terpilih itu adalah Nurul Fitriah warga Sawahan yang diganti dengan Vivi Lianawati warga Sridadi.

Dikonfirmasi mengenai penggantian itu, Adib mengungkapkan, Nurul mengundurkan diri. Yang bersangkutan tidak mendapat restu dari instansinya untuk menjadi PPK. Sayangnya, Adib tidak menyebutkan instansi yang dimaksud.

Lalu apakah sebelumnya tidak ada komplain dari instansi itu, ketika Nurul mengikuti tes wawancara? Adib mengaku sudah mengoreknya dan kala itu tidak ada masalah.

“Sesuai ketentuan, ketika ada yang mengundurkan diri, maka penggantinya adalah yang menduduki ranking berikutnya,” tandasnya.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud menambahkan, terkait PPS Tasiksono yang baru diisi satu orang, kepala desa setempat sudah dihubungi. Jawabannya, memang agak sulit untuk mengganti dengan yang lain. Soal apa alasannya, Suud belum bisa mengungkapkan.

Namun yang jelas masih akan ditunggu sebelum pelantikan PPS secara serentak pada Senin (18/5/2015) depan. Anggota PPS di Pilkada Rembang mayoritas masih perangkat desa, guru, dan wiraswastawan. PPS baru ini akan segera dihadapkan pada tugas pemutakhiran data pemilih.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan