KPU Tetapkan 744 Pemilih Tambahan untuk Pilkada Rembang

Rabu, 28 Oktober 2015 | 17:33 WIB
Rapat pleno terbuka KPU Rembang untuk menetapkan DPTb1 pada Pilkada Rembang 2015 di Kantor KPU setempat, Rabu (28/10/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Rapat pleno terbuka KPU Rembang untuk menetapkan DPTb1 pada Pilkada Rembang 2015 di Kantor KPU setempat, Rabu (28/10/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – KPU Rembang menetapkan 744 pemilih di daftar pemilih tetap tambahan 1 (DPTb1) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tahun 2015.

Kecamatan Sarang mencatat pemilih tambahan terbanyak karena mencapai 179 orang. Sementara Kecamatan Sale mencatat pemilih tambahan yang paling sedikit, yaitu 9 orang.

DPTb1 ditetapkan oleh KPU Rembang melalui rapat pleno terbuka yang digelar di Kantor KPU setempat, Rabu (28/10/2015) pagi.

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih pada KPU Rembang Nurul Muasiroh mengatakan, setelah penetapan DPTb1, pemeliharaan DPT masih akan terus dilakukan.

“Mereka yang memenuhi syarat namun belum tercatat sebagai pemilih, akan dimasukkan ke DPTb2. Masukan masyarakat dan Panwas sangat kami perlukan,” katanya.

Koordinator Divisi Pengawasan pada Panwas Pilkada Rembang Budi Handayani mengapresiasi kinerja KPU karena menemukan 2.748 pemilih tidak memenuhi syarat yang terpampang di DPT.

“Untuk DPT yang TMS, dari rekap laporan perkembangan KPU, itu sebanyak 2.748. Itu sama dengan temuan kami.

Dari temuan kami, kemarin yang terakomodir (terkoreksi) baru 600-an. Yang 2.188 yang belum terakomodir di penyelenggara teknis di tingkat bawah,” bebernya.

Tetapi dia tetap berharap, KPU dan Panwas bersama-sama mencermati lagi daftar pemilih, sampai dengan hari saat pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

Mengenai jumlah pemilih tambahan yang masuk di DPTb1, Budi juga mengaku memiliki angka yang hampir sama.

“KPU telah menemukan 744 daftar pemilih yang harus diakomodir. Dan temuan kami hampir sebanyak itu,” katanya.

Menurutnya, jumlah pemilih tambahan di DPTb1 yang sebanyak 744 orang, masih mungkin bertambah karena bisa saja ada pemilih memenuhi syarat yang terlewat.

Sementara itu, pihak pasangan calon kepala daerah Rembang yang hadir pada penetapan DPTb1 pagi itu, tidak menyampaikan tanggapan soal daftar pemilih tetap tambahan 1.

Secara keseluruhan dari 1.100 TPS di Rembang hanya 287 TPS atau 163 dari 294 desa, yang terdapat pemilih tambahan 1.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan