KPU Tengarai Ijazah Cabup-cawabup Rembang Legal

Kamis, 13 Agustus 2015 | 17:41 WIB
Ilustrasi (Foto: beritajakarta.com)

Ilustrasi (Foto: beritajakarta.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menengarai, ijazah calon bupati dan calon wakil bupati yang akan maju Pilkada di daerah ini, dikeluarkan secara legal oleh masing-masing perguruan tinggi atau sekolah yang bersangkutan.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud mengatakan, verifikasi faktual terhadap ijazah dari tiap calon sudah selesai pada Kamis (13/8/2015) ini. Menurut Suud, kemungkinan besar, ijazah para calon baik bupati maupun wakil bupati, memenuhi syarat legal.

Dia juga mengatakan, meski hasil verifikasi faktual ijazah belum diterima dari empat tim yang diterjunkan di lapangan, tetapi tengara tidak adanya kandidat yang ijazahnya bermasalah, menguat.

“Apalagi, KPU belum satu pun menerima tanggapan keraguan dari masyarakat atau melalui media atas ijazah calon tertentu,” katanya kepada mataairradio.

Sementara itu, setelah verifikasi faktual ijazah dari tiap calon selesai, Kamis (13/8/2015) sore, tim dari KPU bertolak ke Jakarta untuk melakukan verifikasi faktual terhadap surat rekomendasi dukungan partai politik kepada pasangan calon kepala daerah Rembang.

“Kami berangkat Kamis (13/8/2015) sore ini. Besok seharian kita maksimalkan ke DPP tiap parpol. Sehari selesai,” tegasnya.

Verifikasi dilakukan di DPP tiap parpol, yaitu di DPP PKB, PDIP, dan Partai Gerindra yang mengusung pasangan Hamzah Fatoni-Ridwan, serta DPP Partai Demokrat dan PKS yang mengusung pasangan Sunarto-Kuntum Khairu Basa.

Satu lagi pasangan calon kepala daerah, yaitu Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto, bukti dukungannya sudah diverifikasi faktual karena maju lewat perseorangan dan telah dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU.

“Hasil verifikasi terhadap syarat pencalonan dan calon akan kami plenokan pada 15 Agustus nanti. Tanggal 24 Agustus akan kita tetapkan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat sebagai calon,” tambahnya.

Seperti diketahui, tim KPU mulai bergerak melakukan verifikasi faktual terhadap ijazah tiap calon pada Senin 10 Agustus lalu. KPU mendatangi Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, guna memverifikasi ijazah calon bupati dari jalur perseorangan Abdul Hafidz yang setara dengan SMA.

Tim lain meluncur ke Yogyakarta, guna memverifikasi ijazah calon wakil bupati Bayu Andriyanto di STIE YKPN dan ijazah calon bupati, Sunarto di Institut Pertanian. KPU pun mendatangi Undip Semarang, guna mengecek keabsahan ijazah S-2 calon bupati Hamzah Fathoni.

Tim berangkat pula ke Universitas Islam Malang, guna memastikan gelar S-2 calon wakil bupati Ridwan dan bertolak menuju ke Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk memverifikasi ijazah sarjana milik calon wakil bupati Kuntum Khairu Basa.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan