KPU Temukan Selisih 20.000 Dukungan untuk Hafidz

Sabtu, 13 Juni 2015 | 17:03 WIB
Kantor KPU Kabupaten Rembang. (Foto:orangrembang.com)

Kantor KPU Kabupaten Rembang. (Foto:orangrembang.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menemukan selisih sekitar 20.000 dukungan dari berkas yang diserahkan oleh pasangan Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto sebagai syarat pencalonan bupati dan wakil bupati dari Jalur Perseorangan.

KPU menemukan selisih itu setelah mengecek kesesuaian data dukungan secara satu per satu di softcopy dan hardcopy. Jumlah data dukungan di-softcopy lebih banyak.

“Selisih sekitar 20.000 itu sudah kami informasikan secara resmi kepada pasangan calon melalui tim penghubung. Juga kepada Panwas Pilkada,” ujar Komisioner KPU Rembang Maftuhin,

Jawaban tim, katanya akan dilengkapi. Hal itu diperbolehkan selagi tidak lebih dari pukul 16.00 WIB hari Senin 15 Juni nanti. KPU pun belum menerbitkan berita acara.

“Padahal sebenarnya tanpa dilengkapi pun, jumlah dukungan yang diserahkan masih lebih dari syarat minimal yang 45.942 dukungan,” terangnya.

KPU melakukan lembur cek awal berkas dukungan itu hingga Jumat (12/6/2015) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Pengecekan awal pertama dilakukan atas ada atau tidaknya data di hardcopy atau softcopy.

“Kelengkapan dokumen yang mesti diserahkan menjadi fokus awal KPU,” tuturnya.

Setelah dokumen dinyatakan lengkap, pengecekan awal berikutnya dilakukan terhadap keabsahan dokumen. Keabsahan yang dimaksud itu adalah jumlah minimal dukungan dan persebarannya.

“Dukungan terhadap pasangan Hafidz-Bayu lebih dari minimal dan tersebar di semua kecamatan,” urainya.

Jika sampai batas waktu yang ditentukan, janji melengkapi data hardcopy dukungan tidak dilakukan, maka KPU akan menerbitkan berita acara penyerahan bukti dukungan calon perseorangan untuk selanjutnya diverifikasi secara faktual di lapangan.

Diberitakan sebelumnya, pasangan Hafidz-Bayu menyerahkan 69.472 bukti dukungan untuk memenuhi syarat pencalonan sebagai bupati dan wakil bupati melalui Jalur Perseorangan.

Bukti dukungan itu diserahkan kepada KPU Rembang pada hari Jumat 12 Juni 2015 pukul 14.30 WIB.

Hafidz mantap maju lewat jalur perseorangan, tetapi masih berpikir mencabut berkas pencalonannya itu, apabila PPP mencapai islah sebelum jatah waktu verifikasi faktual oleh KPU Rembang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan