KPU Tak Langsung Umumkan Kesehatan Calon Bupati

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 18:58 WIB
Komisioner KPU Rembang ketika menerima pendaftaran salah satu pasangan calon kepala daerah Rembang di Kantor KPU setempat, baru-baru ini. (Foto: Pujianto)

Komisioner KPU Rembang ketika menerima pendaftaran salah satu pasangan calon kepala daerah Rembang di Kantor KPU setempat, baru-baru ini. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang tidak akan langsung mengumumkan kondisi kesehatan calon bupati dan wakil bupati, setelah menerima hasil tes dari pihak rumah sakit daerah setempat.

Menurut Komisioner KPU Rembang Maftuhin, hasil tes kesehatan akan diserahkan kepada pihak pasangan calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 3-4 Agustus 2015.

“Penyerahannya bareng dengan hasil penelitian administrasi calon yang telah diserahkan ketika mendaftar 26-28 Juli lalu,” ungkapnya kepada mataairradio Sabtu (1/8/2015) siang.

Maftuhin juga mengatakan, KPU akan memberikan daftar periksa atau checklist terhadap hasil pemeriksaan yang diserahkan kepada tiap pasangan calon kepala daerah.

“KPU akan memberi checklist, mana berkas yang sudah memenuhi dan mana yang belum memenuhi syarat. Berkas yang belum memenuhi syarat, wajib dilengkapi pada rentang waktu 4 sampai 7 Agustus,” terangnya.

Setelah dilengkapi pun menurut Maftuhin, berkas hasil perbaikan masih akan diverifikasi lagi pada 8-14 Agustus atau dalam kurun 7 hari.

“Hasil dari verifikasi berkas yang telah dilengkapi atau diperbaiki itu, akan dipakai dasar untuk menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada 24 Agustus,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemeriksan Kesehatan Calon Kepala Daerah Rembang dokter Laksmi Iwandari mengaku memiliki waktu hingga hari Minggu 2 Agustus untuk menyerahkan hasil tes kesehatan kepada KPU.

Tetapi hingga dihubungi pada Sabtu (1/8/2015) siang, hasil pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah belum dikirim ke KPU. Dia tak memastikan kapan.

Pemeriksaan jasmani dan rohani para calon bupati dan wakil bupati Rembang dilakukan secara maraton pada Rabu dan Kamis, 29 dan 30 Juli kemarin.

Tiga pasangan calon kepala daerah Rembang masing-masing Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto, Hamzah Fatoni-Ridwan, dan Sunarto-Kuntum Khairu Basa.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan