KPU Sortir Puluhan Surat Suara Terdapat Bercak Tinta

Senin, 16 November 2015 | 18:23 WIB
Suasana pelipatan surat suara untuk Pilkada 2015 Rembang di Kantor KPU setempat, Senin (16/11/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com)

Suasana pelipatan surat suara untuk Pilkada 2015 Rembang di Kantor KPU setempat, Senin (16/11/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menyortir surat suara untuk Pilkada yang terdapat bercak tinta. Setidaknya 46 lembar surat suara dipisahkan saat penyortiran yang dilakukan di Kantor KPU setempat, Senin (16/11/2015) pagi.

Kepala Sub-bagian Program Sekretariat KPU Rembang Nur Wahyu Adi Susanto menyebutkan, penyortiran surat suara akan berlangsung maksimal Minggu 22 November nanti.

“Awal penyortiran melibatkan 21 orang. Tetapi agar cepat, tenaga penyortir akan ditambah menjadi 30-40 orang,” katanya kepada mataairradio.

Pihak Sub-bagian Program menyatakan membuat berita acara, apabila terdapat surat suara yang dianggap rusak agar diganti.

Ia menyebutkan, sampai dengan Senin (16/11/2015) sore, sudah 52.000 surat suara yang sudah terlipat.

“Yang rusak karena bercak tinta 46 lembar, potongan tidak simetris 2 lembar, dan sobek di belakang 7 lembar,” terangnya.

Menurutnya, surat suara yang terdapat bercak tinta, akan dikomunikasikan dulu dengan komisioner KPU; perlu diganti atau tidak.

“Setelah semua terlipat, surat suara tidak bisa langsung dimasukkan ke kotak suara dan disegel,” katanya.

Ia menjelaskan, KPU masih harus menunggu formulir lain sebagai pendukung. Dalam hal formulir yang mesti dimasukkan ke kotak suara, KPU akan dibantu oleh PPK.

Pihak Sekretariat KPU menambahkan, formulir yang masih ditunggu guna dimasukkan ke kotak suara di antaranya model C untuk penghitungan suara.

Sampai dengan Senin (16/11/2015) petang, formulir tersebut masih dalam proses pencetakan di salah satu percetakan lokal Rembang.

Menurut Nur Wahyu, proses pencetakan formulir model C akan selesai pada 17 November ini.

Sementara itu, jumlah surat suara yang diterima KPU dari rekanan PT Pura Kudus sebanyak 497.318 lembar. Jumlah tersebut sudah termasuk cadangan 2,5 persen dan untuk keperluan pilkada ulang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan