KPU Rembang Tak Gelar Real Count, Warga Kecewa

Tuesday, 8 December 2015 | 14:46 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang memastikan tidak menggelar “real count” hasil Pilkada 9 Desember ini.

Hal itu menurut pihak KPU Rembang, karena “real count” sudah diurus oleh KPU Pusat.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud, Selasa (8/12/2015) pagi mengatakan, hasil Pilkada Rembang akan diketahui lewat rekapitulasi secara manual di tingkat PPS, PPK, hingga kabupaten.

Sajian hasil pilkada secara “realtime” lewat layar lebar di KPU Rembang, dipastikan tidak akan ada.

“Tidak ada real count di KPU kabupaten, tetapi di KPU RI. Jadi (dipastikan) tidak ada layar lebar seperti biasanya (seperti pada Pileg dan Pilpres 2014),” ungkapnya.

Namun menurut Suud, masyarakat kabupaten ini tetap bisa memantau hasil sementara Pilkada Rembang, dengan membuka situs resmi KPU RI.

Ia menyebutkan, dokumen hasil pilkada dari tiap TPS di Rembang akan dipindai untuk diunggah langsung di laman resmi KPU Pusat.

Suparno, salah seorang warga Kelurahan Leteh Kecamatan Rembang menyesalkan keputusan KPU yang tidak menggelar “real count” hasil Pilkada 9 Desember ini.

Menurutnya, layar lebar yang memuat hasil pilkada dari waktu ke waktu di tiap kecamatan, dibutuhkan masyarakat.

“Jika pada Pilkada 2010; hasil pemilihan disajikan secara “realtime”, kenapa pada Pilkada 2015, KPU kabupaten justru tidak menggelarnya. Ini sebuah kemunduran,” katanya.

Suparno menilai, apabila masyarakat harus membuka website KPU Pusat, akan menyulitkan warga yang tak melek internet.

“Kami berharap kepada KPU agar membahas kembali kebijakan tidak menggelar real count,” tegasnya.

Menurutnya, warga akan merasa terlayani dengan baik oleh KPU, jika bisa mengetahui secara cepat, kemenangan atau kekalahan calon yang mereka dukung.

Sementara itu, selain tidak menggelar “real count”, KPU Rembang juga tidak menerima satu pun lembaga survei dan pemantau pilkada.

Mengenai pemantau pilkada yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri, pihak KPU Kabupaten Rembang menyatakan belum menerima pemberitahuan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan