KPU Rembang Segera Ajukan Proposal Pilkada Rp24 Miliar

Senin, 25 Agustus 2014 | 11:30 WIB

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang akan segera mengajukan proposal pendanaan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) ke Pemkab Rembang. Tak tanggung-tanggung, KPU akan mengajukan anggaran Rp24 miliar untuk menggelar Pemilukada dengan asumsi dua putaran.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud menyebutkan, hingga 24 Agustus ini, sudah ada anggaran dua miliar rupiah untuk mendanai proses Pemilukada. Dana tersebut akan dipakai untuk pembentukan penyelenggara Pemilukada di setiap tingkatan dan untuk kepentingan pemutakhiran data pemilih.

Menurut Suud, dana sebesar dua miliar itu akan diserap pada bulan November dan Desember. Soal kebutuhan anggaran yang Rp24 miliar, pihak KPU tak berharap Pemilukada berlangsung dua putaran. Dia menegaskan, anggaran disusun berdasarkan tahapan Pemilukada, sejak persiapan hingga coblosan.

Mengenai perkiraan pelaksanaan Pemilukada, pihak KPU merencanakannya pada bulan Mei 2015. Tanggal pasti belum ditentukan karena masih menunggu hasil koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah. Apalagi, selain Rembang, 16 kabupaten/kota lain juga menggelar Pemilukada pada tahun depan.

Ketua KPU memperkirakan, pelaksanaan coblosan berlangsung sekitar minggu pertama bulan Mei. Meski belum pasti, namun Suud menyebut perhelatan Pemilukada akan digelar pada hari libur atau hari Minggu. Dia menjelaskan, pemilihan waktu tersebut untuk mendongkrak partisipasi pemilih.

Selain itu, jika Pemilukada digelar pada hari kerja, KPU wajib mengajukan permintaan kepada Gubernur melalui Bupati untuk menetapkan sebagai hari libur. Langkah ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga Rembang untuk mengikuti Pemilukada.

Minanus Suud menegaskan, semua anggaran pelaksanaan Pemilukada ditanggung APBD Kabupaten Rembang. Besarnya anggaran yang nantinya dikucurkan bergantung pada tahapan dan regulasi yang disusun. Rabu 27 Agustus nanti, pihak KPU Kabupaten Rembang akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi di Semarang menyangkut Pilkada. Dalam hal Pemilukada, peran KPU Provinsi, hanya sebagai supervisor. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan