KPU Rembang Klaim Kotak Suara Bisa Tahan Beban 100 kilogram

Selasa, 18 Desember 2018 | 17:44 WIB

KPU Rembang serta anggota Bawaslu Rembang melakukan uji coba ketahanan kotak suara yang akan dipakai pada Pemilu 2019 nanti. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mengklaim bahwa kotak suara yang diterima dari KPU Pusat untuk Pemilu 2019 mendatang sangat kuat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Rembang untuk menjawab polemik di masyarakat yang meragukan kekuatan dari kotak suara berbahan kertas karton atau belakangan lebih dikenal dengan sebutan kotak suara kardus ini.

Ketua KPU Rembang Iqbal Fahmi menyampaikan bahwa untuk membuktikan kekuatan kotak suara sudah dilakukan uji coba dengan dua orang menaiki kotak tersebut dan hasilnya ternyata masih tahan.

Saat ini KPU Rembang sudah menerima kotak suara sebanyak 11.009 buah, sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk bilik suara yang baru ada 2498 buah walaupun kebutuhan bilik suara ada 8684 buah namun sisanya memakai bilik suara yang lama dengan bahan alumunium.

“Ada 11.009 kotak suara yang sudah dikirim ke kami Mas,” ungkapnya.

Iqbal menambahakan untuk kotak suara yang lama dengan bahan dasar alumunium pihaknya masih mengajukan penghapusan aset barang ke KPU RI.

Selain logistik yang diterima dari KPU RI, KPU Rembang juga melakukan pengadaan logistik yang lain seperti bantalan alat coblos, tinta, bolpoin, spidol, tali pengikat dan lem.

Dan logistik yang kurang saat ini hanyalah surat suara, menurut informasi yang dia terima dari KPU RI akan dicetak bulan Januari kemudian didistribusikan seluruh Indonesia bulan Februari sampai Maret 2019.

“Informasinya surat suara akan dicetak Januari 2019,” Pungkasnya.

Harapannya Pemilu 2019 nanti berjalan dengan baik, dan terkait logistik kotak suara berbahan duplex atau karton kedap air pria asal Pamotan ini berharap masyarakat sudah tidak mempermasalahkannya lagi.

 

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan