KPU Rembang Klarifikasi Data 5.500 Pemula dari Kemdagri

Rabu, 30 April 2014 | 14:24 WIB
Anggota KPU Kabupaten Rembang, Maftuhin (Foto:kpud-rembangkab.go.id)

Anggota KPU Kabupaten Rembang, Maftuhin (Foto:kpud-rembangkab.go.id)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mengklarifikasi data dari Kementerian Dalam Negeri yang menyebut ada 5.500 orang pemilih pemula di kabupaten ini. Klarifikasi dilakukan dengan pencocokan dan penelitian data yang berlangsung hingga Rabu 30 April ini.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Muhammad Maftuhin menjelaskan, mereka dalam kategori pemilih pemula ini adalah yang berusia 17 tahun per 9 Juli 2014 dan atau sudah atau pernah menikah. Menurutnya, data dari Kemdagri itu dicocokkan dan diteliti oleh PPS di desa.

Maftuhin juga menjelaskan, daftar pemilih pada Pilpres mendatang berasal dari daftar pemilih tetap Pileg kemarin, ditambah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih khusus, dan pemilih tambahan yang mengikuti coblosan dengan menyerahkan KTP.

Pihak KPU Rembang menyebutkan, daftar pemilih sementara untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di kabupaten ini mencantumkan sekitar 484.000 nama.

Maftuhin menguraikan, jumlah pemilih sementara sebanyak itu berasal dari 475.381 pemilih di DPT, sekitar 1.100 pemilih di daftar pemilih khusus, sekitar 2.600 pemilih di daftar pemilih tambahan, serta 5.500 pemilih pemula.

Setelah pencocokan dan penelitian daftar pemilih sementara, pada rentang tanggal 1-10 Mei nanti, akan dilakukan penyusunan DPS hasil pemutakhiran. Maftuhin menegaskan, pemutakhiran data pemilih untuk Pilpres 2014 menggunakan cara coklit.

KPU Kabupaten Rembang melakukan bimbingan teknis atau bimtek pemutakhiran data pemilih untuk Pilres 2014 pada 25 April kemarin. Itu artinya proses klarifikasi data, setidaknya untuk 5.500 orang pemilih pemula hanya berlangsung lima hari hingga 30 April ini.

Namun berdasarkan pantauan MataAir Radio di lapangan, hampir semua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa belum kelar dalam melakukan klarifikasi data pemilih pemula ini. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan