KPU Rembang Kebut Pengesetan Formulir Model C

Rabu, 2 April 2014 | 15:39 WIB
Salah satu lembar di formulir model C berstiker hologram. KPU Kabupaten Rembang mengebut pengesetan formulir model C dan D. (Foto Pujianto)

Salah satu lembar di formulir model C berstiker hologram. KPU Kabupaten Rembang mengebut pengesetan formulir model C dan D. (Foto Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang hingga Rabu (2/4) masih mengebut pengesetan atau penataan formulir model C dan D. Formulir model C adalah berita acara pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD.

Sementara formulir model D merupakan berita acara rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten, serta calon DPD di tingkat PPS atau desa/kelurahan. Kasubag Program Sekretariat KPU Kabupaten Rembang Nur Wahyu Adi Susanto mengatakan, formulir model C dan D sudah tiba 26 Maret lalu.

Menurutnya, begitu tiba, kedua formulir itu langsung diperiksa dan dipastikan dalam kondisi baik dan cukup. Setelah diperiksa, pihaknya lantas mengerahkan 17 tenaga untuk melakukan pengesetan. Nantinya, setiap TPS akan mendapat 17 set formulir model C. Sementara untuk model D, akan didrop 14 set per PPS. Dua formulir ini sebagai bukti sah hasil pemungutan dan penghitungan suara.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftukhin mengatakan pengesetan diyakini selesai pada Kamis (3/4) ini dan akan langsung didistribusikan ke setiap PPK dan selanjutnya ke PPS dan TPS. Dia mengatakan, target ini tak boleh meleset karena mulai tanggal 4-6 April nanti, PPK sudah harus mengedrop logistik di dalam kotak.

Menurut Maftukhin, formulir model C dan D merupakan logistik yang harus dimasukkan ke dalam kotak suara dan disegel sebelum didistribusikan. Selain formulir model C dan D, pihaknya juga segera memproses penyetingan formulir model C1 plano yang merupakan lembaran catatan penghitungan surat suara tiap partai politik calon anggota DPD di TPS.

Maftukhin mengungkapkan, pengadaan fomulir model C1 plano di tingkat desa dan kecamatan, dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota. Pihaknya baru mendapat edaran dari KPU Pusat mengenai amanat itu, sehingga akan secepatnya digandakan dan bisa dikirim bersamaan dengan formulir model C dan D.

Baik pihak Sekretariat maupun Komisioner KPU Kabupaten Rembang menekankan bahwa pada salah satu lembar di formulir model C terdapat stiker hologram. Jika dalam pelaksanaan nanti terdapat formulir berita acara yang tidak memiliki logo tetapi digunakan, maka patut dipertanyakan keabsahannya.

Pihak KPU menambahkan, formulir baik model C, D, maupun C1 plano merupakan logistik terakhir yang dikirimkan KPU Kabupaten Rembang. Sementara untuk surat suara pengganti, sudah ada konfirmasi dari KPU Pusat dan akan sampai di KPU Kabupaten Rembang sebelum hari tenang Pemilu, 6-8 April 2014. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan