KPU Rembang Buka Pendaftaran Lembaga Survey dan Pemantau Pilkada 2020

Minggu, 3 November 2019 | 08:56 WIB

Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Foto: mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang membuka pendaftaran bagi lembaga survey atau jajak pendapat dan penghitungan cepat, dan lembaga pemantau Pilkada 2020 di Kabupaten Rembang mendatang.

Ketua KPU setempat Iqbal Fahmi saat dihubungi reporter mataairradio.com pada Sabtu (2/11/2019) pagi menyatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh lembaga yang akan mendaftar ke KPU Rembang.

Untuk lembaga pemantau harus memenuhi syarat harus bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas, terdaftar dan sudah memiliki akreditasi dari KPU Provinsi atau kabupaten sesuai dengan cakupan yang dipantau.

“Itu untuk pemantau dalam negeri sedangkan pemantau luar negeri harus memiliki visa lalu juga memiliki kompetensi dan pengalaman sebagai pemantau,” ungkapnya.

Pihaknya membuka pendaftaran untuk lembaga pemantau mulai 1 November 2019 – 16 September 2020. Sedangkan lembaga survey dan jajak pendapat mulai 1 November 2019 – 23 Agustus 2020.

Sedangkan syarat untuk lembaga survey atau jejak pendapat dan penghitungan cepat yaitu harus memiliki akte pendirian atau badan hukum lembaga, susunan kepengurusan lembaga, surat keterangan domisili, surat keterangan dari instansi yang berwenang. Semua formulir pendaftaran bisa diunduh di laman resmi KPU Rembang.

Iqbal menambahkan survey maupun pemantau Pilkada harus membuat surat pernyataan tidak melakukan keberpihakan, tidak mengganggu proses penyelenggaraan, dan bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Lalu ada lagi syaratnya yaitu tidak melakukan manipulasi atau mengubah data di lapangan, menggunakan metode penelitian ilmiah, lalu juga harus melaporkan metodenya,” lanjut pria asal Pamotan ini.

Saat ini pihak KPU Rembang masih dalam tahapan persiapan dan sosialisasi, serta menunggu jika ada masyarakat yang maju berencana maju melalui jalur perseorangan pada Pilkada 2020 mendatang.

Untuk pembentukan badan ad hooc tingkat kecamatan (PPK) rencananya akan digelar Januari 2020 mendatang.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan