KPU Rembang Buka Pendaftaran Kandidat Bupati Februari

Senin, 26 Januari 2015 | 19:20 WIB
Ilustrasi (Foto:mataairradio.com

Ilustrasi (Foto:mataairradio.com

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang mengklaim siap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah atau Pilkada yang diperkirakan digelar pada 16 Desember 2015.

KPU sedang menyiapkan tahapan pendaftaran kandidat atau bakal calon Bupati pada akhir Februari nanti.

Nantinya, setiap partai politik atau gabungan parpol bisa mendaftarkan lebih dari satu kandidat calon Bupati.

“Aturan tersebut karena bakal calon dari tiap parpol atau gabungan partai politik, masih harus melewati uji publik, sehingga jika salah satu kandidat gagal dalam ujian, masih ada bakal calon lain,” ungkap Ketua KPU Rembang Minanus Suud.

Dia juga mengungkapkan, uji publik terhadap kandidat calon bupati dilakukan dengan model dialog terbuka. Tujuannya untuk mengukur kecakapan dalam memimpin dari visi dan misi yang dipasang.

“Uji publik direncanakan digelar Maret untuk mengetahui pula integritas kandidat,” terangnya.

Menurut Suud, KPU Rembang memang telah menerima jadwal tahapan pilkada dari KPU Pusat.

“Tahapan itu mulai dari persiapan, pendaftaran bakal calon, uji publik, pencalonan, kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan hasil, pengisian pengesahan pengangkatan, serta evaluasi dan pelaporan,” bebernya.

Namun tahapan yang diterima KPU Rembang itu masih berupa draft atau rancangan. Draft ini menunggu payung hukum berupa Peraturan KPU, hasil dari revisi Undang-Undang Pilkada yang kini sedang diproses oleh Komisi II DPR.

Hanya saja, sebelumnya KPU Pusat telah memberikan rambu-rambu, bahwa mulai 26 Januari ini, Peraturan KPU yang memuat rancangan tahapan pilkada, sudah bisa digunakan.

“Alasannya, ketentuan di draft ini, bakal tidak ada perubahan yang signifikan,” tandasnya.

Suud menambahkan, sesuai dengan jadwal pilkada dari KPU, tahapan pencalonan akan dilakukan pada sekitar bulan Agustus.

“Menurut aturan, enam bulan sebelum tahapan pencalonan, sudah harus dibuka pendaftaran kandidat calon bupati,” katanya.

Pihak KPU Rembang menegaskan, tahapan pelaksanaan pilkada belum akan disampaikan kepada Pemkab karena masih menunggu koordinasi dengan KPU Provinsi, Selasa (26/1/2015) ini.

“Soal anggaran pelaksanaan pilkada satu putaran yang Rp16 miliar, baru teranggarkan Rp11 miliar, sedangkan kekurangannya bakal dikaver melalui APBD Perubahan tahun ini,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan