KPU Optimistis Partisipasi Pemilih Pilgub Lampaui Pilbup

Selasa, 23 Januari 2018 | 17:09 WIB

Logo KPU.

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang optimistis tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jawa Tengah 2018 akan melampaui capaian pada Pilbup 2015.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Adib Ulinnuha mengatakan, optimisme ini mengacu pada langkah-langkah yang kini sedang ditempuh pihaknya.

“Kami telah menggandeng banyak pemegang kebijakan agar partisipasi pemilih naik,” katanya.

Ia menyebutkan, tingkat partisipasi pemilih saat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tembus 82 persen.

“Dengan menggandeng seluruh kalangan, tingkat partisipasi pemilih akan meningkat lagi,” tandasnya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Totok Suparyanto mengingatkan KPU untuk memaksimalkan peran panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk memacu partisipasi.

Menurutnya, angka partisipasi pemilih dalam Pemilu di Rembang sudah cukup tinggi. Sayangnya, tingkat partisipasi dilihat dari perbandingan antara pengguna hak pilih dengan jumlah daftar pemilih tetap.

“Padahal, warga Rembang pemegang hak pilih, banyak yang tinggal di perantauan. Mereka tidak menyempatkan diri pulang saat Pemilu. Dampaknya, tingkat partisipasi bisa tampak tidak begitu tinggi,” katanya.

Secara nasional, angka partisipasi pemilih pada Pemilu Kepala Daerah tahun 2018 ditargetkan mencapai 77,5 persen. Pilkada Serentak ketiga ini dilakukan di 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota.

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan