KPU Klaim Masyarakat Antusias Ikuti Uji Publik DPS

Selasa, 27 Maret 2018 | 18:38 WIB

Suasana uji publik DPS Pilgub Jateng 2018 di Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur, Selasa (27/3/2018). (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mengklaim masyarakat di daerah ini antusias mencermati daftar pemilih dalam uji publik DPS Pilgub Jawa Tengah 2018.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Rembang Nurul Muasiroh, 70-80 persen pemilih yang diundang datang mengikuti uji publik DPS, Selasa (27/3/2018) ini. Ia memantau uji publik di beberapa titik.

“Kami tadi mendatangi sejumlah titik uji publik di Sumberjo, Pandean, dan Punjulharjo Kecamatan Rembang,” katanya kepada mataairradio.

Ia terjun bersama KPU Provinsi Jawa Tengah. Uji publik di desa lain dilaporkan sama antusiasnya.

“PPS dari desa lain juga mengirim laporan yang sama (antusiasnya) lewat gambar-gambar,” tandasnya.

Nurul menyebutkan, dari hasil uji publik yang sudah berjalan, kebanyakan tanggapan masyarakat berupa pemilih tidak memenuhi syarat karena telah meninggal dunia.

“Untuk pemilih baru, sementara masih minim,” terangnya.

Dari hasil pantauannya pada Selasa (27/3/2018) pagi, uji publik menemukan ada dua pemilih baru di Desa Pandean, satu di Punjulharjo, dan nol di Sumberjo.

“Warga menilai, uji publik DPS ini efektif,” katanya.

Masyarakat yang ditemui Nurul menyebut uji publik membuat mereka lebih berkesempatan mencermati DPS, ketimbang hanya dipasang.

“Mereka yang datang di uji publik datang dengan membawa KTP elektronik dan KK,” katanya.

Miftakhul Hasanah, warga Dusun Muragan Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur menilai uji publik DPS penting agar masyarakat tahu apakah seseorang sudah terdaftar sebagai pemilih di Pilgub atau belum.

“Saya mendapat undangan uji publik kemarin. Saya datang ini mencocokkan data saya, apakah sudah sesuai dengan yang di KTP dan KK atau tidak,” ujarnya.

Uji publik sendiri hanya digelar satu hari pada 27 Maret ini, namun untuk tanggapan dan masukan masyarakat terhadap DPS Pilgub sudah dimulai sejak 24 Maret hingga 2 April mendatang.

DPS Pilgub Jateng 2018 di Rembang sebanyak 482.708. Jumlah pemilih terbanyak di Kecamatan Rembang dengan 65.552 orang. Paling sedikit di Kecamatan Gunem dengan 19.347 orang.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan