KPU Kaji Aturan Satu Calon Satu Akun Medsos

Selasa, 18 Agustus 2015 | 17:57 WIB
Akun facebook sejumlah calon bupati Rembang. (Foto: mataairradio.com)

Akun facebook pasangan calon kepala daerah Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang sedang mengkaji aturan kampanye pasangan calon kepala daerah melalui media sosial (medsos) seperti facebook atau twitter. Kajian itu tentang apakah kampanye lewat medsos bisa dilakukan dengan lebih dari dua akun atau satu saja.

Komisioner KPU Rembang Maftuhin, Selasa (18/8/2015) pagi berpendapat, opsi satu pasangan calon satu akun, dianggap lebih elegan ketimbang kampanye melalui banyak akun. Dia membenarkan, akun medsos yang dipakai untuk kampanye mesti dilaporkan kepada KPU.

“Tetapi aturan rincinya, masih dibahas. Idealnya, satu pasangan calon, satu akun. Misalnya di facebook satu, di twitter satu biar lebih elegan,” katanya.

Selain kampanye lewat medsos, KPU juga sedang mengkaji kampanye lewat media elektronik. KPU cenderung menggunakan radio guna mengampanyekan pasangan calon kepala daerah.

“Lima radio di Rembang akan menjadi mitra KPU terkait kampanye pasangan calon,” katanya tanpa menyebutkan secara satu per satu lima radio itu.

Nantinya, setiap pasangan calon diberikan kesempatan yang sama untuk dikampanyekan. Masing-masing pasangan calon diiklankan selama 14 hari. Tetapi konten iklannya berasal dari pasangan calon, sehingga KPU berhak mencermatinya.

“Kita cermati, sehingga tidak terdapat pelanggaran kode etik kampanye,” tegasnya.

Tidak hanya media sosial dan elektronik, KPU pun akan mengampanyekan pasangan calon kepala daerah Rembang lewat media cetak. Tetapi KPU belum menentukan media cetak yang akan digunakan.

“Tahapan kampanye akan dimulai 27 Agustus hingga tiga hari sebelum 9 Desember 2015,” imbuhnya.

Berdasarkan perselancaran di situs jejaring sosial facebook, ditemukan beberapa halaman yang dibuat untuk kampanye pemenangan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati.

Sebut saja akun H Abdul Hafidz & Bayu Andriyanto SE serta Relawan Hafidz-Bayu. Kemudian akun Pendukung Hamzah Fatoni & Ridwan for Rembang Berdikari serta Relawan Hatori, dan akun Sunarto Kuntum.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan