KPU akan Ganti Alat Peraga Kampanye Rusak

Selasa, 6 Oktober 2015 | 17:50 WIB
Alat peraga kampanye Pilkada Rembang 2015 yang dipasang KPU Rembang di Desa Pandangan Wetan. (Foto; mataairradio.com)

Alat peraga kampanye Pilkada Rembang 2015 yang dipasang KPU Rembang di Desa Pandangan Wetan. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menyatakan akan mengganti alat peraga kampanye (APK) yang rusak di masa kampanye. Pernyataan itu setelah KPU Rembang menerima surat edaran dari KPU Pusat, baru-baru ini.

Komisioner Divisi Kampanye pada KPU Rembang M Salam, Selasa (6/10/2015) pagi mengungkapkan penggantian APK rusak dilakukan dengan merevisi anggaran dan paket pengadaan.

“Langkah ini ditempuh karena masa berlaku kontrak antara KPU dengan penyedia, sudah habis,” terangnya.

Menurut Salam, jika nilai paket yang diadakan kembali lebih dari Rp200 juta, maka pengadaannya dilakukan dengan metode lelang sederhana, sedangkan jika kurang dari Rp200 juta, dapat dilaksanakan dengan metode pengadaan langsung.

“Penggantian dilakukan paling banyak 1 kali dengan memperhatikan prinsip efektif dan efisien serta ketersediaan anggaran,” tandasnya.

Lalu berapa jumlah APK yang rusak sejak dipasang secara serempak 15 September lalu? Salam mengatakan, pihak KPU masih memonitor di lapangan.

“Hanya saja, dari inventarisasi yang telah dilakukan di tiap kecamatan, sudah sebanyak 100 spanduk kampanye, yang hilang,” katanya.

Mengenai penggantian spanduk yang hilang, Salam menyatakan masih perlu berkoordinasi dengan KPU Pusat secara berjenjang melalui KPU Provinsi Jawa Tengah.

“Sebab ketentuan di surat edaran dari KPU Pusat, kami anggap masih belum jelas,” tegasnya.

Pada angka 7 di surat edaran tersebut disebutkan, “apabila alat peraga kampanye hilang atau sengaja dirusak, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten berkoordinasi dengan Bawaslu/Panwaslu dan pihak kepolisian untuk mendapat sanksi dan mengganti alat peraga kampanye.”

“Itu yang disanksi siapa dan yang mengganti siapa serta teknis penggantiannya, masih belum jelas. Kalau yang untuk penggantian APK rusak, semua sudah detail dan jelas,” ujarnya.

M Salam menambahkan, pihak KPU Rembang akan terlebih dahulu menggelar rapat koordinasi internal untuk membahas tindak lanjut edaran dari KPU Pusat.

“Pembahasannya antara lain soal revisi anggaran dan paket pengadaan yang disesuaikan dengan ketersediaan anggaran,” ungkapnya.

Selain itu juga soal kejelasan, apakah APK yang hilang juga ikut diganti oleh KPU atau tidak. Begitu dua hal tersebut terang, KPU akan rapat lagi dengan pihak pasangan calon lewat tim kampanye, mengenai penggantian APK yang rusak atau hilang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan