Kotak Suara Kardus di Rembang Rawan Dikerat Tikus

Thursday, 27 February 2014 | 16:42 WIB
Droping Logistik Pemilu di PPK Sumber, Kamis (27/2) siang. (Foto Pujianto)

Droping Logistik Pemilu di PPK Sumber, Kamis (27/2) siang. (Foto Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Kamis (27/2) pagi mulai mendistribusikan kotak dan bilik suara ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK. KPU menaruh perhatian terhadap keamanan kotak dan bilik suara tambahan yang terbuat dari kardus berlapis plastik. Dua logistik Pemilu tersebut di antaranya rawan dikerat tikus.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, selain rawan dikerat tikus, kotak dan bilik suara yang terbuat dari kardus, juga perlu dijaga agar tidak kebocoran. Suud mengakui, dua logistik itu tetap harus dijaga dari air cucuran. Meskipun, uji coba di tingkat KPU Pusat menyebut, kotak dan bilik suara ini tidak mudah jebol hingga menampung bobot dua kuintal dan kedap air.

Pihak KPU menegaskan, PPK sudah diinstruksikan untuk menyediakan gudang yang representatif di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan. Untuk menunjang penyediaan gudang representatif, pihak Komisi Pemilihan Umum menyediakan ongkos untuk sewa gudang dan pengamanan.

Di Rembang, logistik seperti kotak dan bilik suara teralokasi masing-masing empat per TPS. Ada 1.777 tempat pemungutan suara pada Pemilu 2014 di Kabupaten Rembang. Pihak KPU menyebutkan, ada 598 kotak suara dan 940 bilik suara yang terbuat dari kardus berlapis plastik untuk sejumlah TPS di Rembang.

Sementara jumlah kotak dan bilik suara yang terbuat dari bahan alumunium, masing-masing 6.510 dan 6.168 unit. Minanus Suud memastikan, jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan di setiap tempat pemungutan suara.

Khusus untuk mengantisipasi kebocoran air pada kotak dan bilik suara yang terbuat dari kardus, PPK juga telah diminta untuk melakukan penanganan secara maksimal. Pihaknya menargetkan, distribusi kotak dan bilik suara untuk Pemilu 2014, sudah sampai di semua PPK pada 2 Maret nanti.

Sementara itu berdasarkan pantauan distribusi kotak dan bilik suara, tidak semua PPK mendapat jatah dua logistik itu secara lengkap. PPK Sumber misalnya. Saat distribusi Kamis (27/2) siang, baru kotak dan bilik suara dari kardus yang di-drop. Ada kekurangan 220 kotak dan 200 bilik suara, masing-masing terbuat dari alumunium. Kekurangan itu oleh KPU Rembang akan dikirimkan menyusul. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan