Konsumsi Madu Meningkat Sejak Pandemi

Senin, 11 Januari 2021 | 20:55 WIB

Peternakan lebah madu jenis Mellifera milik Jarnawi, di DEsa Landoh Kecamatan Sulang. (Foto: mataairradio.com)

 

SULANG, mataairradio.com – Konsumsi madu oleh masyarakat, selama masa pandemi Covid-19 mengalami peningkatan 25 persen.

Jarnawi seorang peternak lebah madu di Rembang menyebut, sebelum masa pandemi pihaknya hanya mampu menghabiskan 24 botol madu selama 10 hari, namun sejak virus Corona mewabah meningkat 25 persen.

Warga dari Kabupaten Pati ini mengaku, memiliki dua lokasi ternak lebah madu di Rembang, yakni di Kecamatan Sulang dan Sale, dengan dibantu dua orang karyawannya.

Ia menyebutkan, konsumen madu hasil peternakannya berasal dari berbagai daerah, seperti dari Sidoarjo, Tuban, dan Semarang. Kebanyakan dari mereka, membeli madu untuk memenuhi imunitas tubuh agar terhindar dari paparan virus Corona.

“Sebelum pandemi satu kardus isi 24 botol, sepuluh hari baru habis. Sejak pandemi meningkat 25 persennya. Di Rembang saya punya punya dua tempat ternak lebah, di Desa Landoh-Sulang dan satunya di Sale. Katanya itu dipakai untuk menjaga imun, biar tidak kena virus Corona,” terangnya.

Jarnawi melanjutkan, lebah yang pihaknya ternak jenisnya mellifera. Panen madu biasanya paling bagus pada bulan lima, namun bergantung dengan cuaca. Madu hasil dari ternakannya dijual mulai dari Rp25 ribu hingga Rp100 per botol, sesuai dengan ukuran botol kemasannya.

“Bulan lima biasanya panennya bagus, tapi tergantung cuacanya dan nektar pada bunga. Saya jualnya kalau botol kecil berkisar Rp25-Rp30 ribu per botol, kalau botolnya besar per botolnya Rp80-Rp100 ribu,” imbuhnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan