Komunitas Muda mulai Lirik Pantai Balongan

Sunday, 15 January 2017 | 17:28 WIB

Berbagai komunitas menggelar aksi pembersihan Pantai Balongan dari sampah, Ahad (15/1/2017) pagi. (Foto: Pujianto)

 

KRAGAN, mataairradio.com – Berbagai komunitas anak muda melirik Pantai Balongan sebagai sasaran bakti sosial. Ahad (15/1/2017) pagi, aksi pembersihan pantai itu dari sampah dilakukan.

Tampak ratusan anak muda menyisir seluruh wilayah pantai di Desa Balongmulyo Kecamatan Kragan. Mereka memungut sampah plastik serta puntung rokok yang berserakan.

Romi Adi, salah seorang panitia kegiatan bersih pantai itu mengatakan, kegiatan serupa sebelumnya pernah dilakukan di Pantai Benowo Wates Tasikharjo, Caruban, dan Karangjahe.

“”Di Pantai Balongan ini kita coba mengajak komunitas lain untuk bergabung melalui media sosial. Alhamdulillah respon dari komunitas ini luar biasa,” katanya kepada awak media.

Pihaknya mengaku ingin menjadi bagian dari masyarakat yang berperan mengenalkan destinasi wisata di Kabupaten Rembang. Ia juga ingin agar masyarakat sadar pengembangan wisata pantai.

“Kesadaran masyarakat akan kebersihan pantai perlu ditingkatkan. Sebab, Pantai Balongan sangat potensial jika dikembangkan, sebagaimana Pantai Karangjahe,” terangnya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Winaryu Kutsiyah mengapresiasi kepedulian para kawula muda dalam mempromosikan potensi wisata di daerah ini.

“Promosi wisata bisa dilakukan oleh siapa saja. Seperti tadi belum apa-apa mereka sudah promosi. Usai bersih-bersih mereka berfoto-foto dan mengunggahnya di medsos,” katanya di lokasi bakti sosial.

Ketua Karang Taruna Desa Balongmulyo Ali Nasikin ikut berterima kasih atas kepedulian berbagai komunitas dalam pengembangan pantai yang kini sudah ditumbuhi ratusan pohon cemara dan kelapa.

“Kami ikut termotivasi dengan apa yang dilakukan oleh komunitas yang notabene orang luar desa, ikut peduli dengan perkembangan Pantai Balongan,” ujarnya.

Selain Ikatan Mas Mbak Rembang (IMMR) dan Ikatan Putra Putri Maritim Rembang (IPPMR), komunitas lain yang turut dalam bakti sosial ialah Pecinta Alam Kabupaten Rembang dan berbagai klub motor seperti YVCI serta ISR.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan