Kemensos Seleksi Karang Taruna Punjulharjo di Level Nasional

Sabtu, 29 November 2014 | 16:33 WIB
Ketua Tim Penilai Peserta Lomba Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Joko Suyono saat memberi sambutan di hadapan pengurus Karang Taruna Catur Eka Bakti Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, Sabtu (29/11/2014) pagi. (Foto: Pujianto)

Ketua Tim Penilai Peserta Lomba Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Joko Suyono saat memberi sambutan di hadapan pengurus Karang Taruna Catur Eka Bakti Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, Sabtu (29/11/2014) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Tim Penilai dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melakukan seleksi dan penilaian terhadap para peserta lomba Pilar-Pilar Sosial tingkat Nasional tahun 2014.

Sabtu (29/11/2014), giliran Karang Taruna “Catur Eka Bakti” Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang yang mendapat jatah penilaian setelah sebelumnya sukses meraih gelar juara pertama dalam lomba serupa tingkat Provinsi Jateng.

“Kedatangan kami adalah untuk meneruskan proses seleksi dan penilaian karang taruna berprestasi tingkat Nasional. Sebelumnya kami telah mengundang dan bertemu dengan karang taruna terbaik dari masing-masing provinsi se-Indonesia di Jakarta,” ujar Ketua Tim Penilai dari Kemensos, Joko Suyono.

Menurutnya, saat pertemuan di Jakarta tersebut, Karang Taruna Catur Eka Bakti menyebutkan memiliki sejumlah progam kegiatan penting di desa, seperti budidaya jamur tiram, ternak kambing, ternak lele, kegiatan sosial, serta pengelolaan pariwisata dan olahraga.

“Kami datang untuk melihat potretnya secara langsung di lapangan. Kita ingin ketahui bagaimana peran karang taruna di kegiatan-kegiatan itu,” terangnya.

Joko menekankan, karang taruna sebagai perkumpulan organisasi sosial sudah sepatutnya turut peduli membantu menangani masalah sosial sekaligus menumbuhkembangkan sumber daya manusia di desanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rembang Abdul Hafidz melalui sambutan yang dibacakan oleh Plt Asiten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Rembang Abdullah Zawawi berharap agar pengurus Karang Taruna Catur Eka Bakti” bisa berpretasi di tingkat Nasional.

“Kami harapkan kunjungan dari tim penilai Kemensos RI ini dapat memotivasi para pengurus untuk lebih berprestasi dan membawa nama harum Rembang ke kancah nasional,” ujar Abdullah Zawawi.

Ketua Karang Taruna “Catur Eka Bakti” Punjulharjo Rismawan mengaku optimistis bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Pasalnya, karang taruna telah mampu hadir dengan semangat tinggi dalam membantu menangani masalah sosial serta aktif dalam ekonomi produktif dan kreatif di desanya.

“Baru-baru ini kami juga aktif di pendidikan melalui keterlibatan kader karang taruna di pelatihan bahasa inggris bagi generasi muda di desanya. Ini untuk mendukung pariwisata di desa kami, Karangjahe Beach,” ujarnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan