Kemarau, Tiga Instalasi Pengolahan Air Diperbaiki

Selasa, 28 Oktober 2014 | 17:31 WIB
Instalasi Pengolahan Air di Ngandang Kecamatan Sale. (Foto PDAM Rembang).

Instalasi Pengolahan Air di Ngandang Kecamatan Sale. (Foto PDAM Rembang).

 

REMBANG, mataairradio.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang mulai akhir Oktober ini tengah melakukan perbaikan di tiga instalasi pengolahan air, masing-masing di Grawan Kecamatan Sumber, Pentil-Gunungsari Kecamatan Kaliori, dan Jatimudo-Kecamatan Sulang.

“Iya Betul. Untuk semua instalasi pengolahan (yang saat ini tidak beroperasi) kita perbaiki. Ada di Grawan, Pentil, dan Jatimudo. Kita lakukan perawatan, seperti piranti yang sudah keropos, aus, atau perlu pengecatan,” ungkap Kepala Bagian Teknik PDAM Rembang Suroso, Selasa (28/10/2014).

Dia juga mengungkapkan, piranti yang secara khusus dicek adalah pada instalasi pengolahan air seperti penggantian pasir kuarsa, karena sudah hampir satu tahun digunakan, secara terus menerus.

“Kami bisa sedikit leluasa melakukan perbaikan dan perawatan, karena memang sejak 14 Oktober 2014, tiga embung yang memasok air di tiga instalasi pengolahan air itu, sudah tidak lagi memproduksi air. Yakni Embung Grawan, Embung Banyukuwung, dan Embung Jatimudo,” terangnya.

Selain memperbaiki instalasi pengolahan air, menurut Suroso, pihaknya juga sedang melakukan perbaikan jaringan yang rusak akibat ulah sebagian petani di wilayah Kecamatan Sumber.

“Kalau pipa jaringan, perbaikannya nggak mengenal musim. Selalu ada setiap tahun. Biasanya karena kondisi yang darurat. Khusus di jangka dekat ini, kami sedang memperbaiki jaringan pipa yang bocor di sekitar 30 titik, antara keluar Embung Banyukuwung hingga instalasi pengolahan air di Pentil,” katanya.

Dia kembali mengungkapkan, jaringan pipa yang bocor ini dilubangi oleh oknum petani yang butuh air. Modusnya, pipa dilubangi agar airnya mengucur ke sungai. Air yang jatuh ke sungai itu lantas disedot dengan pompa untuk dialirkan ke lahan pertanian.

“Perbaikan kami lakukan dengan penambalan dan pengecoran pada beberapa titik yang rusak. Waktunya pas, karena sedang tak ada aliran air dari Embung Banyukuwung,” tandasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. PT Tirtapure Envirotek

    November 7, 2016 at 1:22 pm

    PT Tirtapure Envirotek adalah perusahaan nasional yang berkiprah dalam industri pengolahan air bersih dan air limbah sebagai kontraktor dan penyedia peralatan

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan