Kawanan Maling Pisang Diamuk Massa di Sudo

Kamis, 28 Mei 2015 | 17:19 WIB
Kawanan maling diamuk massa di Desa Sudo Kecamatan Sulang setelah mencuri delapan tandan pisang milik warga, Rabu (27/5/2015) petang sekitar pukul 18.30 WIB. (Foto: Pujianto)

Kawanan maling diamuk massa di Desa Sudo Kecamatan Sulang setelah mencuri delapan tandan pisang milik warga, Rabu (27/5/2015) petang sekitar pukul 18.30 WIB. (Foto: Pujianto)

 
SULANG, mataairradio.com – Kawanan maling diamuk massa di Desa Sudo Kecamatan Sulang setelah mencuri delapan tandan pisang milik warga, Rabu (27/5/2015) petang sekitar pukul 18.30 WIB.

Mereka adalah Sakdi (36) warga Desa Pucakwangi Kecamatan Pucakwangi dan Ngadi (46) warga Desa Siwalan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati serta Rakidin (51) warga Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang.

Selain mengeroyok tiga tersangka pelaku hingga babak belur, massa juga merusak Toyota Avanza K 9416 FD yang dipakai mereka untuk beraksi. Kacanya dipecah dan bannya dikempesi.

Awalnya, salah seorang pemilik pisang, Joko Supriyanto curiga ada mobil Avanza abu-abu, berhenti di area dekat embung. Sebelum mandek, mobil tampak menyusuri jalan ke arah embung.

“Waktu itu, saya lihat, salah satu dari mereka turun. Tampak seperti memantau situasi. Ternyata mereka mencuri pisang milik saya dan warga lain,” kata dia.

Maka begitu mobil itu beringsut, Joko segera mengontak warga lain, agar melakukan penghadangan. Menurut Waji, Kepala Desa Sudo, setelah mobil dihentikan dan diperiksa, ternyata isinya delapan tandan pisang.

“Warga curiga juga karena sebelumnya banyak pisang yang hilang di daerah situ,” katanya.

Karena terbukti mencuri pisang, warga lantas membawa kawanan tersangka berikut kendaraannya ke balai desa. Massa yang geram lantas menghadiahkan bogem mentah kepada para tersangka pelaku.

“Untuk mencegah aksi anarkhis massa yang kian beringas, tersangka segera kami masukkan ke kantor desa. Itu pun, warga tetap memaksa merangsek masuk, sehingga kami nyaris kewalahan,” katanya.

Beruntung, petugas keamanan segera tiba di balai desa, sehingga amuk massa bisa diatasi. Tersangka baru bisa dievakuasi keluar dari Sudo setelah tiga jam kemudian atau sekitar pukul 21.30 WIB.

“Pisang yang diduga dicolong itu milik Joko Supriyanto, Yusman, Ngaji Suwito, dan Sarju,” katanya.

Tentang kemungkinan pelaku mencuri di kesempatan sebelumnya, para tersangka tidak banyak bicara.

Sementara itu, meski amuk massa terjadi di Desa Sudo Kecamatan Sulang, tetapi lokasi pohon pisang yang dicuri kawanan pelaku berada di wilayah Dusun Banyukuwung Desa Sukorejo Kecamatan Sumber.

Setelah sempat dibawa ke Polsek Sulang, tersangka kemudian dialihkan ke Polres Rembang. Sebelumnya, para tersangka pelaku diampirkan di rumah sakit karena menderita luka.

Mobil Avanza yang ternyata rentalan dan pisang raja hasil curian dibawa sebagai barang bukti. Kamis (28/5/2015) siang, polisi mulai memeriksa tersangka secara lebih intensif.

Meski hanya terancam pasal tindak pidana ringan atau tipiring karena nilai barang yang dicuri kurang dari Rp2,5 juta, tetapi polisi sedang mendalami kemungkinan para tersangka adalah residivis.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan