Karnaval Agustusan, Potensi Desa Ramai Diperkenalkan

Sunday, 21 August 2016 | 15:48 WIB
Suasana karnaval Agustusan oleh warga Desa Pohlandak Kecamatan Pancur, Ahad (21/8/2016) siang. (Foto: Pujianto)

Suasana karnaval Agustusan oleh warga Desa Pohlandak Kecamatan Pancur, Ahad (21/8/2016) siang. (Foto: Pujianto)

 

PANCUR, mataairradio.com – Beragam potensi desa diarak pada saat karnaval dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Pohlandak Kecamatan Pancur, Ahad (21/8/2016) siang.

Berdasarkan pantauan di lapangan, usaha mikro kecil di desa itu, mulai kerajinan batik, kuningan, mebelair, hingga kuliner, tampak melibatkan diri pada arak-arakan.

Ratusan peserta karnaval tampak berjalan kaki berbusana dengan ornamen batik tulis khas lasem. Sementara sebagian peserta lain terlihat naik di atas kereta kuda dan mengarak replika garuda berhias kuningan.

Rutenya mulai dari Desa Pohlandak menuju kawasan Pasar Duwur, lalu melintas di daerah Lemah Bang, dan berakhir di Pohlandak atau sejauh sekitar tiga kilometer.

Menurut Rifai, meskipun tergolong desa kecil dengan penduduk 800 jiwa dan berluasan wilayah 31 hektare, namun kegiatan menyemarakkan Agustusan digelar setiap tahun.

“Sekitar 90 persen warga mengikuti karnaval. Ini sudah tahun kedua penyelenggaraan. Semangatnya adalah kebersamaan, gotong royong, serta nasionalisme,” katanya.

Ia menjelaskan, beragam potensi desa yang diarak pada saat karnaval kemerdekaan ini diharapkan jadi ajang promosi produk kerajinan lokal kepada warga yang menyaksikan.

“Kegiatan semacam ini dibiayai secara swadaya oleh warga dan didukung oleh pihak pemerintah desa. Warga melakukannya dengan senang hati,” tandasnya.

Mundasir, Kepala Desa Pohlandak mengatakan, ide menyemarakkan dirgahayu Kemerdekaan RI muncul dari warganya, sehingga dirinya cukup mendorong dan menguatkan gagasan.

“Tahun depan, karnaval semacam ini, mungkin tidak lagi terbatas di tingkat desa, tetapi bisa di tingkat kecamatan. Kami berharap nasionalisme terus kokoh terpatri di sanubari tiap warga,” katanya.

Ia pun berharap agar kegiatan tersebut dapat mengangkat produk unggulan masyarakat melalui promosi, sehingga bisa meningkatkan derajat ekonomi warga.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan