Kapal Milik Nelayan Rembang Bocor di Masaran

Rabu, 12 September 2018 | 20:56 WIB

Kapal Motor (KM) Sumber Baru milik nelayan Rembang menabrak batu karang di Masaran Kawasan Pulau Gosong atau Wilayah Perairan Rembang sekitar tiga mil dari bibir pantai, pada Senin (10/9/2018). (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kapal Motor (KM) Sumber Baru milik nelayan Rembang menabrak batu karang di Masaran Kawasan Pulau Gosong atau Wilayah Perairan Rembang sekitar tiga mil dari bibir pantai, pada Senin (10/9/2018).

Kepala Pos TNI Angkatan Laut (AL) Rembang Lettu Hartono mengungkapkan, kapal tersebut mulanya akan menepi di dermaga TPI Tasikagung-Rembang untuk bongkar hasil tangkapan.

Namun sebelum tiba di dermaga, kapal yang dinahkodai Mudi Riyanto tersebut justru menabrak karang hingga mengalami bocor di empat titik pada bagian lambung bawah kapal atau di dekat ruang mesin.

“Kapal berbobot 30 gross ton itu sedang mengangkut sebanyak 14 ton ikan hasil tangkapan selama 15 hari. Kapal kandas di sekitar Pulau Gosong. Beruntung, 20 ABK dan enam ton ikan hasil tangakapan berhasil dievakuasi,” ungkapnya.

Hartono mengatakan, hingga Rabu (12/9/2018) kondisi kapal masil berada di lokasi kejadian dan sedang dalam perbaikan.

Menurutnya, saat peristiwa kecelakaan terjadi di sekitar lokasi memang tidak terdapat suar.

Selain itu, nahkoda juga kurang menguasai navigasi, sehingga hanya mengandalkan gambaran visual. Akibatnya, posisi kapal yang masuk ke kawasan karang tidak dapat diketahui nahkoda.

“Akibat peristiwa itu, diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp200 juta,” terangnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan