Kantor Dinas ESDM Rembang Bakal Dipindah

Jumat, 28 Februari 2014 | 17:23 WIB
Aksi unjuk rasa sejumlah aktivis lingkungan menolak pendirian pabrik semen, di depan Kantor Dinas ESDM Kabupaten Rembang. (Foto Pujianto)

Aksi unjuk rasa sejumlah aktivis lingkungan menolak pendirian pabrik semen, di depan Kantor Dinas ESDM Kabupaten Rembang. (Foto Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Rembang bakal dipindah dari lokasinya sekarang. Kantor baru untuk Dinas ESDM akan dibangun di atas tanah milik Pemkab Rembang di sebelah barat lapangan Desa Weton Kecamatan Rembang.

Menurut Asisten III Sekda Rembang Abdullah Zawawi, pembangunan kantor baru tersebut sudah diperlukan. Soalnya, saat ini, kantor Dinas ESDM di Jalan Pemuda, terbagi pula untuk Kantor BLH (Badan Lingkungan Hidup), sehingga krodit. Zawawi mengungkapkan, pembangunan kantor baru Dinas ESDM sudah dianggarkan pada APBD 2014.

Namun dia mengaku tidak tahu nominalnya, demikian juga dengan desain kantor baru itu. Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rembang ini menyebutkan, hanya tersisa dua tanah aset Pemkab yang bisa dialokasi untuk kantor, yakni di Weton dan Kedungrejo Kecamatan Rembang. Namun yang di Mbesi Kedungrejo, rencananya untuk Kantor Badan Narkotika Kabupaten Rembang.

Setelah kantor baru terbangun, nantinya kantor lama akan dimaksimalkan untuk kepentingan Badan Lingkungan Hidup. Sejak status institusinya berubah dari Kantor menjadi Badan, BLH memiliki banyak kewenangan dan membutuhkan ruang pelayanan yang lebih luas.

Mengenai seberapa luas aset di bilangan Desa Weton yang akan dipakai untuk bangunan kantor, Abdullah Zawawi menjamin tidak akan sampai memakan lapangan desa tersebut. Meskipun, dia menyatakan sebagian lapangan Desa Weton, merupakan tanah aset Pemkab.

Dikonfirmasi lebih lanjut, apakah sisa tanah aset di Weton itu akan digunakan untuk keperluan kantor baru Badan Kepegawaian Daerah, Zawawi belum bisa menjawabnya. Sebagaimana diketahui, BKD sempat meminta pembangunan kantor baru. Kala itu, bangunan yang kini digunakan untuk kantor BPBD, sebenarnya akan dipakai secara bersama dengan BKD. Namun diurungkan Pemkab.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Rembang Puji Santoso mengatakan, pembangunan kantor baru untuk Dinas ESDM belum diketahuinya. Padahal, kegiatan pembangunan kantor baru itu akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum yang notabene berada di bawah koordinasi Komisi C. Dia berdalih detail pembangunan kantor baru Dinas ESDM baru terpaparkan setelah masa musrenbang atau musyawarah perencanaan pembangunan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan