Kampanye Pilpres di Rembang Sepi Tokoh Nasional

Jumat, 6 Juni 2014 | 14:53 WIB
Spanduk dukungan terhadap Capres dan Cawapres di jalur pantura Rembang.

Spanduk dan baliho dukungan terhadap Capres dan Cawapres  yang maju dalam Pilpres 2014 di jalur pantura Rembang.

REMBANG, MataAirRadio.net – Masa kampanye terbuka Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Kabupaten Rembang, masih sepi dari rencana kedatangan elit politik kaliber Nasional. Memang muncul kabar kedatangan Raja Dangdut Rhoma Irama ke Rembang, namun belum ada pemberitahuan dari tim kampanye Prabowo-Hatta secara resmi ke polisi.

Kepala Satuan Intelkam Polres Rembang AKP Antonius Wiyono mengaku belum ada pemberitahuan yang masuk terkait dengan kampanye Pilpres yang melibatkan tokoh nasional. Rencana kedatangan Rhoma Irama yang menjadi juru kampanye pasangan Prabowo-Hatta, masih sekadar informasi, karena belum ada pemberitahuan.

Rhoma dikabarkan menjadi Jurkam Prabowo-Hatta di Rembang pada 21 Juni nanti. Namun Antonius menegaskan, pemberitahuan kegiatan belum masuk. Menurut ketentuan, pemberitahuan kegiatan kampanye, harus masuk tujuh hari sebelum acara, atau paling lambat tiga hari.

Antonius juga mengatakan, sejumlah titik diwaspadai kerawanannya jika dipakai untuk lokasi kampanye, seperti Alun-Alun Kota Rembang. Namun tidak ada dasar untuk melarang pelaksanaan kampanye di jantung kota tersebut.

Menurut ketentuan KPU, setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Rembang, merupakan bagian dari zona yang bisa digunakan untuk acara kampanye. Baik di lapangan maupun gedung. Namun, prinsip pengajuan pemberitahuan kampanye kepada polisi, perlu didasari izin tempat lebih dulu.

Pihaknya berharap kepada tim kampanye pasangan capres-cawapres agar mematuhi aturan pemberitahuan kepada polisi. Pemberitahuan ini diperlukan untuk keperluan pengamanan. Jika kampanye dilakukan tanpa pemberitahuan dan rentan mengganggu keamanan, bisa saja dipertimbangkan untuk dihentikan.

Pihak Kepolisian Resor Rembang mengungkapkan, dalam waktu paling dekat ini, akan dilakukan deklarasi relawan pendukung Jokowi-JK. Relawan yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) ini akan menggelar deklarasi di Pamotan pada 9 Juni nanti. Menurut rencana, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan hadir pada deklarasi tersebut. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan