Jokowi-JK Menang Telak di Semua Kecamatan di Rembang

Thursday, 10 July 2014 | 14:33 WIB
Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud saat menunjukkan rekapitulasi hasil perolehan suara sementara Pilpres 2014, Kamis (10/7). (Foto:Pujianto)

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud saat menunjukkan rekapitulasi hasil perolehan suara sementara Pilpres 2014, Kamis (10/7). (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla berhasil menang telak atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di semua kecamatan di Kabupaten Rembang dalam Pilpres 9 Juli kemarin. Hal itu terungkap dalam rekapitulasi hasil sementara perolehan suara Pilpres di Kabupaten Rembang yang dirilis KPU setempat, Kamis (10/7) pagi.

Namun KPU hanya menyajikan data kemenangan telak tersebut melalui diagram. KPU belum membeberkan secara rinci perolehan suara per kecamatan. KPU menyatakan pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta mengumpulkan 102.764 suara atau kalah telak dari pasangan Jokowi-JK yang meraup 196.809 suara.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud menjelaskan, rekapitulasi hasil sementara perolehan suara Pilpres 2014 ini masuk dari 1.291 TPS atau 80,69 persen dari total 1.600 TPS se-kabupaten. Rekapitulasi hingga 80,69 persen TPS masuk ini, sudah bisa dilihat sejak Rabu (9/7) jam setengah sebelas malam.

Pihak KPU Kabupaten Rembang menegaskan, rekapitulasi hasil sementara perolehan suara ini nantinya akan disusun secara final, bersamaan dengan rekap manual perolehan suara tingkat kabupaten. Masyarakat dipersilakan menanti pengumuman resmi perolehan suara dari KPU.

Mengenai tingkat partisipasi pemilih, Ketua KPU Minanus Suud optimistis, persentase secara global satu kabupaten bisa mencapai 75 persen. Optimisme ini didasarkan pada data yang sudah masuk ke KPU Kabupaten Rembang.

Memang, dari 1.291 TPS yang telah masuk, tingkat partisipasi pemilih baru 62,52 persen. Namun saat rekapitulasi final nanti, tingkat partisipasi diyakini bisa menyentuh 75 persen. Soal keamanan suara, Ketua KPU menyatakan, penyelenggara di setiap tingkatan dijamin memiliki integritas.

Sementara itu, berdasarkan hasil hitung cepat atau “quick count” secara nasional yang dilakukan Kompas, LSI, SMRC, Cyrus, CSIS, RRI, Indikator Politik Indonesia, dan Populi Centre merilis kemenangan pasangan Jokowi-JK.

Namun “quick count” yang dirilis Puskaptis, Indonesia Research Center, Lembaga Survei Nasional, dan Jaringan Suara Indonesia, melansir hasil berbeda yakni memenangkan pasangan Prabowo-Hatta. Secara nasional, KPU baru akan merilis hasil resmi pada 22 Juli mendatang. (Pujianto)




One comment
  1. saifur

    July 15, 2014 at 2:01 pm

    Selamat kepada pasangan Jokowi – JK yang meraih kemenangan di Rembang

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan