Jembatan Megulung Rusak Berulang Tiap Dua Tahun

Selasa, 20 Oktober 2015 | 19:01 WIB
Jembatan Megulung yang bolong pada bagian tengahnya meski baru pada 2013 lalu diperbaiki. (Foto: mataairradio.com)

Jembatan Megulung yang bolong pada bagian tengahnya meski baru pada 2013 lalu diperbaiki. (Foto: mataairradio.com)

 
SUMBER, mataairradio.com – Jembatan Megulung di Kecamatan Sumber kembali rusak. Kali ini, jembatan itu bolong dengan diameter kira-kira 30 centimeter di bagian tengah.

Kerusakan ini berulang karena sudah beberapa kali jembatan rusak dan beberapa kali diperbaiki, tetapi dikeluhkan. Terakhir kali, Jembatan Megulung diperbaiki pada Juni 2013.

Ketika itu, Dinas Pekerjaan Umum membongkar jembatan yang baru dua tahun diperbaiki. Alasannya, badan jembatan retak-retak tak lama setelah diperbaiki. Landasan antara jembatan dan jalan juga tak diuruk dan diaspal.

Margono, salah seorang warga Desa Megulung meminta Pemkab Rembang agar segera melakukan perbaikan, meski kerusakan itu belum terlalu parah. Kendaraan memang masih bisa lewat di kanan dan kiri lubang.

“Tetapi ketika hujan turun, kami khawatir jembatan akan ambrol,” ujarnya kepada mataairradio pada Selasa (20/10/2015) pagi.

Anggota DPRD Rembang asal Desa Kedungtulup Kecamatan Sumber Mohammad Asnawi membenarkan, kerusakan pada Jembatan Megulung terjadi berulang.

Dia pun meminta kepada Pemkab agar sigap, gesit, dan tanggap atas kerusakan yang berulang itu.

“Karena titik kerusakan berada di tengah jembatan, akan sangat membahayakan, apabila tidak segera diperbaiki.” katanya.

Menurutnya, jika sampai ambrol, arus transportasi warga dari arah Megulung menuju Sumber, akan tersendat.

“Kami mengusulkan agar perbaikan dilakukan sebelum musim hujan tiba,” tandasnya.

Menurutnya, pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum, bisa menangani kerusakan jembatan itu dengan menggunakan pos anggaran perawatan jembatan atau dana tak terduga.

“Perbaikan jembatan di saat sungai setempat belum berair, akan lebih efektif ketimbang saat hujan,” tegasnya.

Asnawi menambahkan, belum sampai mengontak langsung pejabat di Dinas Pekerjaan Umum.

Namun melalui rekan-rekannya di Komisi C DPRD Rembang, dia telah mendorong segera dilakukan perbaikan Jembatan Megulung, sebelum menjadi kian parah.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan pada DPU Rembang Sigit Widyaksono yang dikonfirmasi belum memberikan penjelasan mengenai langkah apa yang akan segera ditempuh untuk memperbaiki kerusakan Jembatan Megulung.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan