Jelang Ramadan, Puluhan Lansia Rembang Gelar Jambore

Senin, 14 Mei 2018 | 18:16 WIB

46 warga lanjut usia berasal dari Kabupaten Rembang mengikuti Jambore Lansia di kawasan Waduk Tempuran, Blora, Senin (14/5/2018) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

BLORA, mataairradio.com – 46 warga lanjut usia berasal dari Kabupaten Rembang mengikuti Jambore Lansia di kawasan Waduk Tempuran, Blora, Senin (14/5/2018) pagi.

Mereka yang terdiri atas 32 Lansia dari Panti Margo Mukti Pandean dan 22 warga lanjut usia dari Panti Turusgede, tampak asyik mengikuti jambore yang dikemas seperti outbound ini.

Kepala Seksi Bimbingan dan Rehabilitasi Sosial pada Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Turusgede, Budi Darmawan mengatakan, Jambore Lansia sekaligus untuk peringatan ke-22 Hari Lanjut Usia Nasional.

Menurutnya, jambore yang dikemas layaknya outbound ini merupakan model pelayanan yang diharapkan bisa menyenangkan dan sekaligus sebagai terapi bagi para Lansia.

“Diisi oleh kegiatan yang sifatnya menyenangkan, rilek, dan penuh dengan hiburan. Selama ini kegiatan di dalam panti, ini kita ajak keluar,” ujarnya.

Budi juga mengatakan, kegiatan rekreatif bagi para Lansia pagi itu, sekaligus untuk menyongsong bulan Ramadan 1439 Hijriyah.

Pihaknya pun mewarnakan lomba pidato dan azan pada jambore yang berakhir zuhur. Dua lomba itu digelar untuk menakar hasil bimbingan yang dilakukan di panti pelayanan sosial.

“Memang tidak semua warga lanjut usia di Panti Pandean dan Turusgede ikut atau diajak mengikuti Jambore Lansia,” katanya.

Total penghuni dua panti itu, 145 orang, yang terdiri atas 75 orang di Panti Pandean dan 70 orang di Panti Turusgede.

Mereka yang tidak diajak, menurutnya, karena memiliki kondisi kesehatan kurang baik. Berisiko bila diajak, sehingga ditinggal di panti.

Penghuni Panti Pandean dan Turusgede berasal dari wilayah Rembang sendiri. Selain itu juga berasal dari Kudus, Blora, Grobogan, dan Pati.

“Beberapa tahun sebelumnya, Jambore Lansia digelar di Pantai Karangjahe,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan