Jalan Menuju Makam Sunan Langgar Ditanami Glodok Pecut

Jumat, 22 Maret 2019 | 13:28 WIB

Makam Sunan Langgar di Desa Langgar Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. (Foto: youtube.com)

 

 

SLUKE, mataairradio.com – Ratusan Warga Desa Langgar Kecamatan Sluke ramai-ramai memadati jalanan desa dalam rangka penghijauan jalan desa pada Jumat (22/3/2019) pagi sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Selain warga, jalanan desa tersebut juga dipadati oleh beberapa kelompok seperti ratusan pelajar mulai dari PAUD, SD, dan SMP.

Eko Purwanto pembina Karang Taruna Karya Mudha Desa Langgar menyatakan bahwa rencana ke depan Desa Langgar akan diproyeksikan menjadi kawasan wisata religius, karena ditempat tersebut dimakamkan salah seorang ulama yang berpengaruh yang dikenal sebagai Sunan Langgar.

Dari beberapa pengalaman yang lalu, para peziarah yang datang sangat banyak apalagi saat peringatan haul (kematian) Sunan Langgar.

Dengan demikian untuk memperindah desa maka muncul ide penanaman pohon jenis Glodok Pecut. Pohon ini dipilih karena rantingnya tidak menjulang ke jalanan sehingga sekitar jalan desa akan nampak rapi selain itu jarak diantara satu pohon dengan pohon yang lainnya akan diisi dengan beberapa jenis bunga.

“Disela-sela tanaan bisa kita tambahkan bunga mawar, anggrek atau jenis yang lain Mas,” tambahnya.

Targetnya ada sekitar dua ribu bibit pohon yang akan di tanam, namun saat ini masih sekitar lima ratusan bibit yang siap tanam. Dalam penanaman ini beberapa pihak diundang untuk menyaksikan seperti Forkompicam, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, dan Wakil Bupati Rebang.

Eko menambahkan titik penanaman sendiri rencananya mulai dari gerbang masuk Desa Langgar sampai area makam Sunan Langgar yang jaraknya kurang lebih dua sampai tiga kilometer.

“Jika kiri-kanan jalan ini tampak rindang kan lebih menarik, dan para peziarah bisa semakin nyaman,” pungkasnya.

Acara penghijauan ini juga sebagai ajang kumpul warga karena dimeriahkan oleh hiburan musik dan juga kesenian drum band dari para pelajar disekitar Sluke.

Selain itu acara ini juga sebagai penyemangat para pemuda setempat untuk mengembangkan potensi Desa langgar tersebut.

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan