Jadi Buah Bibir, Cat pada Patung Kartini Dihapus

Rabu, 14 Maret 2018 | 15:55 WIB

Setelah sempat dicat biru tua, Patung Kartini dikembalikan ke warna aslinya, Rabu (14/3/2018). (Foto dikutip dari akun media sosial facebook Sunarto Bulu, Rabu 14 Maret 2018).

 

REMBANG, mataairradio.com – Patung Kartini yang sempat dicat biru tua dan menjadi buah bibir warga akhirnya dihapus oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata pada Dinbudpar Kabupaten Rembang Chris Prasetyana mengatakan, penghapusan dilakukan pada Rabu (14/3/2018) pagi setelah pihaknya memanggil tukang.

Ia menyatakan, penghapusan akan selesai dalam sehari.

Menurutnya, pengecatan Patung Kartini dilakukan oleh tukang, tanpa koordinasi. Dalam hal ini, ia mengaku salah karena kurang kontrol.

“Kami sudah panggil Kepala Tukangnya. Kami konfirmasi, ‘yang nyuruh ngecat siapa’, ternyata inisiatif dia sendiri. Tapi sudahlah, saya sebagai penanggungjawab yang salah. Pagi ini kita hapus itu,” katanya.

Chris menambahkan, menyambut peringatan Hari Kartini tahun ini, Makam Kartini memang ditata.

Menurutnya, penataan dilakukan secara rutin tiap tahun. Kali ini, perawatan antara lain di pendapa makam.

“Selain itu juga perawatan tanaman dan perbaikan ringan terhadap atap dari kebocoran,” katanya.

Mengenai usulan warga agar akses menuju Makam Kartini diperlebar karena yang sekarang terlalu sempit bagi lalu lalang kendaraan peziarah, Chris menyebut dirinya tak berwenang.

“Pelebaran akses menuju Makam Kartini memang perlu. Tapi saya nggak berani komentar. Itu bukan ranah saya,” katanya.

Sebelumnya, warga menilai pengecatan Patung Kartini mengurangi keindahan dan seni. Apalagi, patung era 1990 dengan tinggi tiga meteran ini, berbahan perunggu. Warga meminta agar cat dihapus.

Sepekan terakhir, objek wisata Makam Kartini mulai dipadati oleh peziarah. Ahad (11/3/2018) lalu, 29 bus peziarah dari Kabupaten Purworejo mendatangi makam pahlawan emansipasi wanita ini.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. Bisri Cholil Laqouf

    Maret 14, 2018 at 5:04 pm

    Inisiatif sendiri tanpa perintah…?!
    Ini Kabupaten, Patung tersebut aset Kabupaten, mana mungkin tukang seberani itu mengambil keputusan inisiatif.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan