Tampung Izin Warkop dan Tambal Ban, Kecamatan Buka Paten

Jumat, 23 Januari 2015 | 18:52 WIB

 

Ilustrasi (Foto:Rif)

Ilustrasi (Foto:Rif)

 

SALE, mataairradio.com – Berbagai usaha mikro seperti warung kopi dan tambal ban di Kabupaten Rembang disarankan mengurus izin.

Sekarang, mereka ini tak perlu repot datang di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Rembang, alias cukup di kantor kecamatan.

Namun belum semua kecamatan bisa melayani pengurusan perizinan usaha mikro.

Hingga Jumat (23/1/2015) ini, baru Kecamatan Sale yang punya Kantor Perizinan Terpadu Kecamatan atau Paten.

“Semenjak diresmikan, belum ada pemohon izin usaha mikro yang datang. Layanan hari ini, masih non-perizinan seperti KTP dan KK,” ungkap Kunardi, Camat Sale kepada mataairradio.

Menurutnya, operasional Paten Sale masih menunggu revisi Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2014 dan Perbup yang mengatur standar pelayanannya.

“Usaha mikro adalah yang memiliki modal kurang dari Rp50 juta. Mereka cukup mengurus izin di kantor perizinan level kecamatan,” tandasnya.

Asisten I Sekda Rembang Subakti mengaku baru saja merampungkan revisi Perbup Nomor 18 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Kewenangan Perizinan.

“Perbup yang mengatur standar pelayanan perizinan usaha mikro di level kecamatan, akan segera menyusul diberesi,” beber Subakti.

Subakti membeberkan, ada sejumlah izin usaha yang sebelumnya dikategorikan dalam kelompok usaha mikro, namun kini masuk kualifikasi usaha kecil.

Ia menganggap, usaha salon kecantikan dan depot air minum isi ulang, sudah harus bergeser ke jenis usaha kecil.

Menurutnya, untuk mengurus segala dokumen, termasuk perizinan khusus usaha mikro, pemohon tidak dipungut biaya sama sekali.

“Gratis, karena ini sebagai bagian dari visi Pemkab Rembang dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Selain warung kopi dan tambal ban, usaha yang masuk dalam kelompok mikro adalah warung kelontong, bengkel sepeda angin, bengkel las, jasa fotokopi, salon pangkas rambut, jasa rias pengantin, usaha servis barang elektronik, dan binatu atau laundry.

Subakti menambahkan, setelah Sale, pelayanan perizinan di level kecamatan akan diterapkan di daerah lain. Di Kecamatan Sale, Kantor Paten menempati gedung sendiri, tetapi masih satu kompleks kantor instansi kecamatan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan