Inspeksi Puskesmas Sarang, Ganjar Cemaskan Abrasi

Rabu, 31 Desember 2014 | 18:38 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginspeksi Puskesmas Sarang, Rabu (31/12/2014) siang. Ganjar yang tiba pada sekitar pukul 13.00 WIB. (Foto:Pujianto)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginspeksi Puskesmas Sarang, Rabu (31/12/2014) siang. Ganjar yang tiba pada sekitar pukul 13.00 WIB. (Foto:Pujianto)

 
SARANG, mataairradio.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginspeksi Puskesmas Sarang, Rabu (31/12/2014) siang. Ganjar yang tiba pada sekitar pukul 13.00 WIB, langsung menuju rumah makan Trio G untuk makan siang.

Pelaksana Tugas Bupati Rembang Abdul Hafidz, Sekda Hamzah Fatoni, dan Kepala Dinas Kesehatan Ali Syofii tampak mendampingi Ganjar. Seusai makan, rombongan langsung menuju Puskesmas yang berada di wilayah Dusun Gondan Desa Kalipang itu.

Ganjar menyarankan kepada pihak Dinas Kesehatan Rembang agar membenahi drainase di lingkungan puskesmas yang dianggap kurang baik. Dia sempat menengok areal belakang puskesmas yang rawan abrasi. Ganjar cemas abrasi makin ganas, sehingga disarankan segera ditangani dengan “breakwater”.

“Ya solusinya dibuat penahan gelombang. Soal abrasi memang jadi persoalan nasional,” ungkapnya.

Seusai menginspeksi Puskesmas Sarang, Ganjar bersama rombongan segera bergegas menuju Lapangan Kalipang untuk bertolak kembali ke Semarang. Ia sempat mengimbau kepada masyarakat di Rembang agar siaga bencana.

“Yang perlu sekarang, kewaspadaan kita terhadap bencana,” tandasnya.

Rentetan bencana yang terjadi di Jawa Tengah, seperti musibah tanah longsor di Banjarnegara dan kebakaran di Pasar Klewer Surakarta, dijadikan sebagai alasan kewaspadaan.

“Dalam hal mencegah bencana, sosialisasi dan kewaspadaan dari masyarakat perlu ditingkatkan,” tegasnya.

Dia menambahkan, pada 2015, penataan infrastruktur di lingkup Jawa Tengah masih akan terus dilanjutkan.

“Ada nilai yang perlu dipertahankan dari pelaksanaan penataan infrastruktur desa, yakni kegotongroyongan,” imbuhnya.

Sebenarnya Ganjar sempat dijadwalkan akan berbincang dengan warga dan Pemkab Rembang di rumah makan Trio G, tentang infrastruktur desa. Namun lantaran faktor cuaca, Ganjar segera harus bertolak kembali ke Ibukota Provinsi. Hanya sekitar satu jam, Ganjar berada di Sarang-Rembang.

Pada kunjungannya kali ini, orang nomor satu di Jawa Tengah itu sempat menanggapi konfirmasi awak media tentang nasib Pelabuhan Tanjung Bonang.

“Soal pelabuhan, ini sedang dilakukan verifikasi terkait sejumlah hal (seperti legalitas oleh pihak provinsi, red.),” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan