Indeks Integritas UN 2016 Ditargetkan Lebih Baik

Kamis, 31 Maret 2016 | 18:10 WIB
Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto menyampaikan perhargaan IIUN dari Mendikbud kepada salah satu dari 26 sekolah di kabupaten ini yang menerimanya. (Foto: mataairradio.com)

Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto menyampaikan perhargaan IIUN dari Mendikbud kepada salah satu dari 26 sekolah di kabupaten ini yang menerimanya. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Remabang menargetkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) pada tahun ini lebih baik daripada tahun lalu.

Pada tahun 2015, 26 sekolah di Rembang mendapat Penghargaaan IIUN dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutakin, Kepala Bidang Kurikulum pada Dinas Pendidikan Rembang yang sekaligus ketua panitia UN tingkat kabupaten pada 2016 mengaku akan berupaya semaksimal mungkin agar semua sekolah di kabupaten ini memiliki integritas yang tinggi.

“Nilai integritas semua sekolah kita targetkan di atas 80 persen,” terangnya.

Apalagi jumlah sekolah yang menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bertambah dari 2 menjadi 8 sekolah. Menurutnya, UNBK mampu mendongkrak capaian indeks integritas ujian nasional.

“Sebab, potensi kebocoran maupun ketidakjujuran pada UNBK sangat kecil sekali,” tandasnya.

Sementara itu, mengenai sistem pengawasan terhadap penyelenggaraan ujian nasional di setiap satuan pendidikan, menurut Mutakin, masih sama dengan UN tahun lalu.

“Pengawasan dilakukan dengan silang penuh guru pengawas,” jelasnya.

Artinya, pada saat digelar ujian untuk mata pelajaran tertentu, maka pengawasnya dipastikan bukan merupakan guru mapel tersebut.

Sudah dua tahun ini, tidak lagi ada pengawas independen atau pengawas dari unsur perguruan tinggi, seperti pada 2014.

Selain menargetkan indeks integritas UN menjadi lebih baik, Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang juga menetapkan sasaran peningkatan tingkat kelulusan.

“Jenjang SD/MI ditarget lulus 99,9 persen, sedangkan tingkat SMP/MTS serta SMA/MA dan SMK ditarget lulus 100 persen,” paparnya.

Berdasarkan informasi praktis pada dokumen di Dinas Pendidikan Rembang, Ujian Nasional tingkat SMA/MA dijadwalkan dimulai hari Senin 4 April hingga Rabu 6 April 2016.

Sementara untuk pelaksanaan Ujian Nasional susulan pada tingkat yang sama dijadwalkan pada 11-13 April 2016.

Adapun untuk jadwal Ujian Nasional Paket C atau setara SMA dijadwalkan dimulai hari Senin 4 April hingga Kamis 7 April 2016, sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Paket C susulan dijadwalkan 11-14 April 2016.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan