Jelang Idul Adha, Bulog Pastikan Persediaan Beras Aman

Jumat, 27 Juli 2018 | 18:50 WIB

Beras bulog (Foto: tempo.co)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Jelang hari raya Idul Adha Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan persediaan beras yang ada lebih dari cukup.

Kepala gudang Bulog Rembang Suyoko menyatakan sampai hari ini pihaknya masih melakukan penyerapan dan di Rembang sendiri mempu menyerap gabah dari petani rata-rata 100 ton per hari.

Sehingga perkiraan persediaan beras bisa bertahan sampai akhir tahun nanti, hal ini juga dipengaruhi oleh harga gabah meupun beras yang stabil ditingkat konsumen.

Ia pun menegaskan bahwa penyerapan juga masih terus dilakukan tidak hanya di Rembang saja, Gudang Bulog di Pati, Grobogan, Jepara dan Kudus juga terus melakukan penyerapan.

“Sampai saat ini kita dari petani seharga Rp 8.030 per kilogram Mas, sesuai Inpres Nomor 5 tahun 2015,” tegasnya

Disinggung terkait adanya operasi pasar, Suyoko masih menunggu petunjuk dari pemerintah daerah (Pemda) karena pada dasarnya yang mempunyai cadangan beras adalah Pemda sedangkan pihaknya hanya menyimpan.

“Kalau operasi pasar ya wewenangnya pemerintah, kita hanya menyimpan,” Terangnya.

Operasi pasar sendiri akan digelar jika ada perubahan harga yang signifikan ditingkat konsumen.

Pihaknya tidak mengkhawatirkan tingginya kebutuhan beras pada hari raya Idul Adha karena jangka waktu yang relatif pendek.

Justru yang dikhawatirkan malah lebaran Idul Fitri karena banyak pemudik yang balik ke kampung halaman dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Seneng Mas, panen tahun ini lumayan berhasil, jadi persediaan aman sampai akhir tahun,” Pungkasnya.

 

 
Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan