Hari Terakhir UNBK SMP Terkendala Jaringan Putus

Senin, 8 Mei 2017 | 19:31 WIB

Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang Achmad Solchan memberikan penjelasan kepada awak media mengenai situasi pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs pada hari terakhir, Senin (8/5/2017). (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tingkat SMP/MTs di Kabupaten Rembang menuai kendala di hari terakhir, Senin (8/5/2017).

Jaringan internet yang semestinya terkoneksi dengan server Pusat, tidak terhubung, sehingga pelaksanaan ujian sempat terhenti selama sekitar 30 menit, namun terjadi hanya di dua sekolah.

“Dua lokasi ujian yang terkendala itu di SMK NU Lasem dan SMK Muhammadiyah Rembang,” ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang Achmad Solchan.

SMK NU Lasem dipakai untuk menggelar UNBK bagi siswa SMP Negeri 2 dan 3 Lasem, sedangkan SMK Muhammadiyah Rembang dipakai untuk UNBK bagi siswa SMP Negeri 2 Kaliori serta SMP Negeri 3 dan 4 Rembang.

Meski sempat mengalami gangguan sambungan internet offline, Solchan mengklaim mental para peserta ujian tidak terganggu karena pengawas ruangan langsung sigap menenangkan peserta.

“Saya belum menerima laporan resmi dari Pusat. Sebelumnya juga sudah pernah terjadi hal semacam ini. Waktu itu juga hari ketiga, dan malah semua pelaksanan UNBK se-Kabupaten Rembang terhambat,” tandasnya.

Sementara itu, pada ujian hari terakhir dengan mata uji IPA, sebanyak 27 peserta tercatat absen. Rincian penyebab ketidakhadiran yaitu lima siswa karena sakit, dua siswa karena meninggal dunia, dan lainnya keluar.

Dengan catatan tersebut, maka pada UNBK susulan nanti, akan ada enam orang siswa, sedangkan yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) akan ada tiga orang.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan