Hari Pertama UNBK SMA/MA, Ada Kendala Koneksi Internet

Senin, 9 April 2018 | 18:28 WIB

UNBK jenjang SMA/MA di Kabupaten Rembang. (Foto dikutip dari laman nurfmrembang.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA di Kabupaten Rembang pada hari pertama, Senin (9/4/2018) ini berjalan dengan relatif lancar, meski sempat ada sekolah yang internetnya terganggu.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Rembang Jupri mengungkapkan, sekolah yang koneksi internetnya sempat tersendat sesaat adalah MA Ar-Rohman Bulu tapi tidak fatal, sehingga tidak memicu kepanikan dari peserta ujian.

“Sedikit kendala di MA Ar-Rohman Bulu. Sambungan internet, beberapa kali disconnect. Tapi bisa segera diatasi. Anak-anak pernah mengalami kejadian semacam itu saat simulasi, jadi tidak panik,” katanya didampingi Eko Prihatmoko, seorang proktor yang sempat membantu menangani gangguan tersebut

Sementara peserta ujian yang absen di hari pertama, setidaknya tercatat dari SMA Negeri 1 Rembang. Menurut Jupri, peserta ujian yang absen ini belum lama menjalani operasi. Namun di hari kedua nanti, peserta ini mengonfirmasi siap mengikuti UNBK.

“Sementara laporan yang saya terima, satu orang dari SMA (Negeri) 1 yang tidak mengikuti. Masih perawatan karena hari Kamis kemarin, operasi. Tapi katanya besok (Selasa, 10/4/2018) siap mengikuti,” katanya.

Jupri juga mengatakan, tahun ini, pelaksanaan ujian nasional jenjang SMA dilaksanakan secara 100 persen UNBK. Begitu pula dengan madrasah aliyah (MA). SMA Muhammadiyah Lasem yang tahun lalu UNKP, tahun ini sudah menggelar UNBK secara mandiri.

Di Kabupaten Rembang, ada lima SMA negeri dan sembilan SMA swasta yang menggelar UNBK. Total pesertanya 2.556. Sementara untuk madrasah aliyah, ada dua MA negeri dan 17 MA swasta yang UNBK. Total pesertanya 2.098 orang.

UNBK jenjang SMA/MA digelar hingga 12 April mendatang. Hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari terakhir satu mata pelajaran jurusan. Sebelum UNBK, tiap sekolah beberapa kali simulasi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan