Peringati Hari Peduli Sampah Pemkab Rembang Bentuk Bank Sampah

Jumat, 2 Maret 2018 | 15:49 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat berfoto bersama peserta acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Alun-alun Rembang pada Jum’at (2/3/2018) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari lalu, Pemerintah Kabupaten Rembang akan membentuk bank sampah mulai dari tingkat RT.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang Suharso, untuk merealisasikan pembentukan bank sampah di tingkat RT, pihaknya sudah kerjasama dengan tim Penggerak PKK (Program Kesejahteraan Keluarga).

“Kami berencana menerapkan teknik reduce, reuse, dan recycle (R3) untuk pengelolaan sampah di Rembang. Artinya semua sampah yang sudah dibuang masyarakat akan dikelola, dipilah, dan dimanfaatkan, sehingga keberadaan sampah tidak lagi menjadi masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz saat membuka acara Hari Peduli Sampah Nasional di Alun-alun Rembang pada Jum’at (2/3/2018) pagi mengaku, mendukung upaya penanganan sampah yang mengedepankan pengelolaan, termasuk membuat bank sampah.

“Jadi dengan mengelola sampah secara baik, maka akan mengurangi permasalahan sampah yang selama ini terjadi,” imbuhnya.

Berdasarkan catatan DLH Rembang, dalam sebulan rata-rata ada 832 truk pengakut sampah masuk ke TPA. Jika dikubikasi, maka volume sampah yang masuk ke TPA Landoh mencapai 3.200 meter kubik per bulan.

 

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Arif Bahtiar

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan