Harga Daging Ayam dan Sapi Meroket Jelang Lebaran

Kamis, 14 Juni 2018 | 15:48 WIB

Suasana los pedagang daging ayam dan sapi di Pasar Rembang, Kamis (14/6/2018) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Harga daging ayam baik kampung maupun potong meroket pada sehari sebelum Lebaran, Kamis (14/6/2018) pagi.

Heni Junaidah, penjual daging ayam di Pasar Rembang menyebutkan, harga daging ayam kampung kini Rp100ribu per kilogram.

“Naik Rp20ribu per kilogram dari saat pertengahan Puasa,” ujarnya.

Sementara untuk daging ayam potong, Heni menjualnya Rp35ribu per kilogram atau naik Rp3.000 per kilogram dari ketika pertengahan Ramadan.

Atas kenaikan harga ini, menurutnya, sebagian pembeli mengeluh. Warga Sridadi Rembang ini menyebut, kenaikan harga itu wajar saat mepet Lebaran.

“Apalagi, pasar lagi ramai sekali,” katanya.

Tin Agus, penjual daging ayam lainnya di pasar yang sama menyatakan, harga daging ayam kampung yang Rp100ribu per kilogram baru berlaku Kamis (14/6/2018).

“Sebelumnya, saya menjual daging ayam kampung dengan harga pada kisaran antara Rp80ribu hingga Rp85ribu per kilogram,” kata pedagang asal Leteh, Rembang ini.

Pada H-1 Lebaran, ia juga menjual daging ayam potong dengan harga lebih tinggi, yakni Rp38.000 per kilogram atau naik Rp5.000 per kilogram dibandingkan, sehari sebelumnya.

“Secara tingkat pembelian, memang ramai. Namun jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka tahun ini terbilang sepi. Mungkin karena panen nggak begitu berhasil,” katanya.

Hartiah, salah seorang pembeli berasal dari Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang mengeluhkan kenaikan harga daging ayam.

Namun, meskipun harganya naik, ia mengaku tetap membeli daging ayam. Sebab, memasak opor ayam saat Lebaran, sudah menjadi tradisi di keluarganya.

“Tetap beli. Sudah tradisi masak opor ayam waktu Lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, harga daging sapi juga terpantau mengalami kenaikan dari Rp105ribu per kilogram menjadi Rp110ribu per kilogram akibat lonjakan permintaan.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan