Di Rembang, Harga Ayam Naik Sapi Stabil Tinggi

Kamis, 12 Juni 2014 | 18:09 WIB
Pedagang daging ayam potong di Pasar Rembang. (Foto:Pujianto)

Pedagang daging ayam potong di Pasar Rembang. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Harga daging ayam potong di Pasar Rembang naik Rp3.000 per kilogram dari Rp23.000 menjadi Rp26.000 pada dua minggu jelang bulan Puasa. Para pedagang menyebut permintaan daging ayam potong cukup tinggi untuk keperluan hajatan di bulan Syaban atau Ruwah.

Lisjoko, salah seorang pedagang daging ayam potong mengatakan, semakin dekat dengan bulan Puasa, harga komoditas dagangannya naik. Ia juga mengatakan, kenaikan harga daging ayam terjadi hampir tiap pekan. Lis mengaku tidak tahu penyebab daging ayam potong naik.

Menurutnya, harga daging ayam potong diprediksi baru akan turun pada pertengahan bulan Ramadan. Namun harganya akan naik lagi saat beberapa hari menjelang Lebaran. Kamis (12/6) pagi, Lisjoko mengaku bisa menjual lebih dari satu kuintal daging ayam.

Jika harga daging ayam naik, harga daging sapi justru masih stabil tinggi. Karsini, penjual daging sapi di Pasar Rembang menyebutkan, harga daging masih tetap, di kisaran Rp90.000 per kilogram. Mendekati bulan Puasa, permintaan daging sapi disebutnya menurun.

Menurutnya, penurunan permintaan daging sapi masih akan terus terjadi hingga pertengahan bulan Puasa. Namun menjelang Lebaran nanti, harga daging akan kembali membubung, meski permintaannya tidak tinggi.

Karsini menyebutkan, sepanjang semester pertama tahun 2014, harga daging sapi nyaris tidak bergerak. Terakhir kali harga daging sapi di kisaran Rp85.000 per kilogram pada bulan November dan Desember 2013.

Sementara itu, Tiyanto, tukang potong ayam pedaging mengaku memotong hingga 200 ekor ayam tiap hari pada dua minggu jelang bulan Puasa ini. Jumlah itu disebutnya naik dua kali lipat, karena sebelumnya hanya 100 ekor.

Sebagaimana keterangan pedagang daging ayam potong di pasar, kenaikan harga terjadi akibat permintaan yang cukup tinggi, bukan karena pasokan komoditas yang menipis. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan