Momen Hardiknas, Plt Bupati Rembang Dorong Sekolah Transparan

Jumat, 2 Mei 2014 | 16:00 WIB
Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz saat berkunjung ke salah satu ruang kelas di SMP Negeri 1 Lasem, Jumat (2/5) pagi. (Foto:Pujianto)

Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz saat berkunjung ke salah satu ruang kelas di SMP Negeri 1 Lasem, Jumat (2/5) pagi. (Foto:Pujianto)

LASEM, MataAirtRadio.net – Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz mendorong pihak sekolah agar menggunakan pola transparansi apabila menerima sumbangan dari pihak non-pemerintah atau orang tua.

Harapan itu disampaikan Hafidz dalam momen Hari Pendidikan Nasional seusai berkunjung ke SMP Negeri 1 Lasem, Jumat (2/5) pagi. SMP ini baru saja menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Penghargaan ini anugerah dari Menteri Lingkungan Hidup.

Menurut Plt Bupati, pola transparansi diperlukan karena sekolah masih mungkin menerima sumbangan yang berasal dari orang tua. Namun Abdul Hafidz mengingatkan, sumbangan tersebut, tidak boleh dilakukan melalui tekanan dan pungutan. Apalagi kepada yang tidak mampu.

Kepala SMP Negeri 1 Lasem Suyitno mengatakan, sekolahnya tidak menarik iuran tetap, namun menerima sumbangan secara sukarela. Dia berdalih, sumbangan dari orang tua siswa yang mampu diperlukan, karena dana bantuan operasional sekolah (BOS) tak mencukupi.

Menurutnya, sumbangan dari orang tua atau pihak lain ini dianggapnya penting untuk keperluan pemeliharaan sarana prasarana peninggalan RSBI, seperti pengondisi udara atau AC. Selain untuk kepentingan tersebut, sumbangan sukarela dari orang tua juga untuk subsidi silang.

Suyitno mengatakan, sekolah menggratiskan biaya bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, apalagi yatim-piatu dari kalangan miskin. Dia berharap, sumbangan secara sukarela bisa membantu kelancaran urusan sekolah.

Kunjungan Plt Bupati Rembang ke SMP Negeri 1 Lasem dilakukan setelah Abdul Hafidz bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hardiknas di Alun-Alun Rembang.

Hafidz berkunjung dengan didampingi oleh Istri serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Noor Effendi dan Kepala Bagian Humas Setda Rembang Johan Nurwicaksono. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan