Hanura Cueki Jadwal Kampanye Terbuka di Rembang

Senin, 17 Maret 2014 | 15:53 WIB
Bendera Partai Hanura.

Bendera Partai Hanura.

REMBANG, MataAirRadio.net – Partai Hanura mendapat jatah kampanye terbuka di Kabupaten Rembang pada hari kedua atau hari Senin (17/3) ini. Namun parpol pimpinan Wiranto ini tidak memanfaatkan jadwal tersebut. Tak hanya kampanye terbuka atau rapat umum, tetapi juga pertemuan terbatas atau rapat tertutup.

Kepala Satuan Intelkam Polres Rembang AKP Antonius Wiyono mengungkapkan, dari hasil pemantauannya, tidak ada rapat umum maupun terbatas yang digelar Hanura di tujuh dapil. Hanya ada tiga rapat tertutup di hari yang sama, namun dua oleh PKB di Labuhan Kidul Kecamatan Sluke dan Padaran Kecamatan Rembang, dan Partai Nasdem di Desa Langgar Kecamatan Sluke.

Antonius juga menyoroti pengajuan izin kampanye terbuka dari parpol yang disampaikan secara mendadak. PKB misalnya. Partai Kebangkitan Bangsa dijatah kampanye terbuka pada Selasa (18/3), namun sampai dengan sehari sebelumnya, pengajuan izin belum juga diterima polisi. Dalam hal ini, pihaknya mengaku repot mempersiapkan pengamanan. Hanya saja demi pelayanan, tetap akan dipantau.

Mengenai tidak dimanfaatkannya jatah kampanye terbuka pada Senin (17/3) ini oleh Hanura, Komisioner Divisi Kampanye KPU Kabupaten Rembang M Salam mengatakan, tidak ada masalah. Partai politik memang boleh memanfaatkannya dan boleh tidak. Apalagi kampanye partai politik tidak hanya dilakukan dengan rapat umum atau terbuka.

Salam menjelaskan, kampanye partai politik peserta Pemilu 2014 bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai pertemuan tatap muka, rapat tertutup atau terbatas, hingga rapat umum. Kampanye model lain seperti melalui pengajian, istigasah, serta pentas seni dan budaya, juga diperbolehkan.

Menurutnya, jadwal dan lokasi kampanye yang diatur dalam Keputusan KPU Kabupaten Rembang, hanya untuk menata pelaksanaan rapat umum. Sementara waktu dan tempat rapat tertutup dan kampanye model lain, bisa diatur oleh parpol yang bersangkutan.

Sementara itu belum ada keterangan resmi dari pihak DPC Partai Hanura Rembang terkait tidak dimanfaatkannya jadwal kampanye terbuka pada Senin (17/3) ini. Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Muchlis Ridlo menyatakan, pihaknya sudah mengencangkan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye terbuka di kabupaten ini.

Khusus untuk Partai Hanura, selain Senin (17/3), masih ada jadwal kampanye terbuka lagi, namun tidak di semua dapil, yakni pada 25, 26, dan 28 Maret 2014. Ridlo menegaskan, parpol yang menggelar kampanye, baik terbuka maupun tertutup, agar tidak melibatkan anak-anak atau mereka yang tidak memiliki hak pilih. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan